Cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Find My Device di Windows 11 untuk melacak laptop yang hilang

Cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Find My Device di Windows 11 untuk melacak laptop yang hilang

Techno.id - Mencari gadget yang hilang atau dicuri, saat ini tidak terlalu sulit. Sebab hamper semua perangkat gadget modern memiliki fitur Temukan Perangkat Saya (Find My Device), termasuk PC Windows. Nah jika kamu ingin menemukan dan mengunci PC Windows 11 yang hilang atau dicuri, kamu harus aktifkan opsi Find My Device (Temukan Perangkat Saya) di PC tersebut terlebih dahulu.

Find My Device adalah fitur bawaan Windows 11 yang memungkinkan kamu melacak lokasi PC. Ini seperti fitur Find My Apple tetapi untuk Windows. Setelah diaktifkan, kamu dapat menggunakan akun Microsoft untuk melacak PC Windows 11 kamu di peta.

Kamu bahkan dapat mengunci PC sehingga siapa pun yang menemukannya tidak dapat mengakses data kamu. Fitur ini juga memungkinkan kamu menampilkan pesan di perangkat yang hilang.

Cara mengaktifkan Find My Device

Cara mengaktifkan dan menggunakan fitur Find My Device di Windows 11 untuk melacak laptop yang hilang foto: freepik

1. Untuk mengaktifkan fitur lacak perangkat ini, pastikan kamu masuk ke akun Microsoft dan akun tersebut adalah administrator di PC kamu.

2. Kemudian, buka aplikasi Pengaturan dengan menekan Windows+i. Di bilah sisi kiri, pilih Privasi & Keamanan. Di panel kanan, pilih Find My Device.

3. Pada layar berikutnya, aktifkan sakelar Find My Device.

Kamu telah berhasil mengaktifkan fitur tersebut di PC. Kamu sekarang dapat menemukan perangkat menggunakan akun Microsoft.

(brl/red)