6 Hal yang harus kamu perhatikan untuk memperpanjang usia laptop

6 Hal yang harus kamu perhatikan untuk memperpanjang usia laptop

Techno.id - Dalam satu dekade terakhir, banyak orang bermigrasi dari penggunaan komputer desktop ke komputer portabel alias laptop. Setidaknya berdasarkan sejumlah penelitian penjualan Personal Computer (PC) desktop terus menurun sejak 2010. Sebaliknya penjualan notebook terus meningkat dalam empat tahun terakhir.

Meningkatnya jumlah orang yang bekerja dari jarak jauh merupakan salah satu faktor pergeseran penjualan dari komputer desktop ke komputer portabel. Nah dengan meningkatnya ketergantungan pada laptop, pengguna perlu mempertimbangkan dengan cermat di mana mereka duduk saat bekerja menggunakan laptop. Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk menjaga laptop kamu bisa tahan lama.

6 Hal yang harus kamu perhatikan untuk memperpanjang usia laptop foto: unsplash/andrew neel

1. Panas yang dihasilkan prosesor dan komponen lain di dalam casing laptop akan mengurangi masa pakai komponen-komponen tersebut. Karena itu kamu harus memastikan sistem ventilasi dan pendingin laptop bekerja dengan baik.

2. Saat debu, bulu hewan peliharaan, dan kotoran lain menumpuk di ventilasi dalam casing laptop, kipas harus bekerja lebih keras untuk mendinginkannya.

3. Jika kamu menggunakan laptop di atas selimut, bantal, sofa, atau permukaan lembut lain, ventilasi dapat tersumbat sebagian besar atau seluruhnya, sehingga mengurangi kemampuan kipas untuk mendinginkan laptop secara efektif. Sebaiknya bekerja di atas meja atau permukaan keras lainnya.

4. Jika kamu lebih suka duduk di sofa yang nyaman sambil bekerja dengan laptop, kamu bisa menggunakan bantalan pendingin (cooling pad) yang dilengkapi kipas tambahan agar laptop tetap bekerja pada suhu yang optimal.

6 Hal yang harus kamu perhatikan untuk memperpanjang usia laptop foto: freepik

5. Jika meletakkan laptop di atas buku atau permukaan yang keras dan rata, pastikan menjaga ventilasi tetap bersih dan udara mengalir dengan bebas.

6. Selalu membersihkan debu dari ventilasi laptop secara teratur dengan udara bertekanan. Pastikan untuk mematikan laptop terlebih dahulu dan gunakan hembusan udara yang singkat. Sebab hembusan udara yang lebih lama dapat menyebabkan kelembapan terbentuk di dalam casing atau merusak kipas pendingin karena berputar terlalu cepat.

(brl/red)