Apple dikabarkan sedang mengembangkan MacBook ‘murah’ untuk menyaingi Chromebook

Apple dikabarkan sedang mengembangkan MacBook ‘murah’ untuk menyaingi Chromebook

Techno.id - Saat ini jika ingin memiliki laptop dengan harga terjangkau, pilihannya adalah Chromebook besutan Google. Maklum, Chromebook sejatinya diciptakan untuk menunjang kebutuhan dunia pendidikan.

Secara performa, tentu saja Chromebook tidak bisa dibandingkan dengan laptop reguler yang memuat sistem operasi Windows, terlebih dengan MacBook milik Apple.

Meski begitu, Chromebook keluaran terbaru juga bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas yang tidak terlalu berat. Bahkan kini ada juga Chromebook yang bisa digunakan untuk menjalankan game online.

Apple dikabarkan sedang mengembangkan MacBook murah untuk menyaingi Chromebook foto: unsplash/maxim hopman

Nah di tengah popularitas Chromebook sebagai laptop terjangkau, sebuah laporan baru-baru ini cukup mengundang perhatian publik. Menurut laporan baru Digitimes yang dilansir iMore, Apple dikabarkan sedang mengembangkan seri MacBook 'murah' untuk bersaing dengan model Chromebook di sektor pendidikan. Perangkat ini kabarnya akan dirilis paling cepat pada paruh kedua tahun 2024.

Kabarnya MacBook tersebut lebih murah dari seri MacBook Air. Sebagai informasi, penawaran MacBook termurah Apple saat ini adalah MacBook Air M1 keluaran tahun 2020.

Menurut laporan tersebut, Apple kemungkinan akan meluncurkan lini produk baru untuk MacBook murahnya untuk membedakan dengan lini MacBook Air dan Pro yang sudah ada. Penghematan biaya dilakukan dengan menggunakan bahan yang lebih murah untuk cangkang luar logam laptop, dan komponen mekanis. Semuanya dikombinasikan dengan harga yang lebih rendah yang ditujukan untuk pasar pendidikan.

Apple dilaporkan membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan untuk mewujudkan sebuah ide dari pengembangan produk ini menjadi produksi massal. Seperti yang dicatat dalam laporan tersebut, jajaran iPad Apple saat ini merupakan rangkaian produk paling terjangkau yang ditawarkan kepada siswa.

Apple dikabarkan sedang mengembangkan MacBook murah untuk menyaingi Chromebook foto: unsplash/aidan hancock

Namun banyak kalangan menilai iPad Apple untuk siswa saat ini masih tertinggal dari Chromebook karena diduga tidak mudah digunakan dan tidak dapat bersaing dengan Chromebook dalam hal harga.

Karena itu tampaknya MacBook murah bisa menjadi solusinya.Tetapi bukan perkara gampang untuk mengusik pasar Chromebook dengan rentang harga yang ada saat ini.

Menurut penelitian iMore, Chromebook saat ini memiliki harga sekitar USD200 atau sekitar Rp 3 jutaan. Di mana dalam catatan iMore, Chromebook termahal adalah HP X360 yang dibanderol seharga USD263 atau sekitar Rp 4 jutaan. Lantas, mungkinkah MacBook murah akan menawarkan hargadi bawah itu? Tampaknya Apple harus mengandalkan lebih dari sekadar harga untuk memikat para siswa.

(brl/red)