6 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi, bersihkan kotoran yang menyumbat

6 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi, bersihkan kotoran yang menyumbat

Techno.id - iPhone hampir tidak berguna tanpa mikrofon yang berfungsi. Mikrofon yang rusak berarti tidak ada FaceTime, panggilan telepon, atau Siri. Terkadang, video yang direkam di iPhone mungkin tidak memiliki audio apa pun. Tetapi sebelum kamu membawa perangkat ke layanan servis Apple untuk perbaikan yang mahal, coba lakukan perbaikan terlebih dahulu. Berikut cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi.

1. Cari tahu mikrofon mana yang tidak berfungsi

6 Cara memperbaiki mikrofon iPhone yang tidak berfungsi, bersihkan kotoran yang menyumbat foto: freepik/new africa

Sebelum mulai memperbaiki mikrofon iPhone, kamu harus mengetahui mikrofon mana yang tidak berfungsi. Jika kamu memiliki iPhone 5 atau versi lebih baru, ada tiga mikrofon. Satu di bagian bawah ponsel untuk panggilan telepon, satu di bagian depan ponsel untuk speakerphone, dan satu di bagian belakang untuk kamera.

Uji setiap mikrofon dengan merekam menggunakan Memo Suara (mikrofon bawah), melakukan panggilan telepon di speaker (mikrofon depan), dan merekam video (mikrofon belakang). Jika semua mikrofon tidak berfungsi, kemungkinan besar itu adalah masalah perangkat keras. Jika hanya satu mikrofon yang tidak berfungsi atau suaranya teredam, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Mikrofon iPhone teredam atau dibisukan, coba bersihkan

Salah satu cara paling sederhana untuk memperbaiki mikrofon adalah dengan membersihkannya. Jika salah satu mikrofon berbunyi teredam saat kamu berbicara, kamu mungkin hanya perlu membersihkannya. Mikrofon iPhone sensitif, dan sedikit debu atau bulu dapat memengaruhi bunyinya.

Untuk membersihkan mikrofon, hindari meniupnya terlebih dahulu. Sebagai gantinya, celupkan kapas ke dalam alkohol isopropil. Kemudian, bersihkan di sepanjang mikrofon yang suaranya teredam. Cobalah masuk ke dalam lubang mikrofon jika kamu bisa. Sebagai alternatif, kamu dapat menggunakan sikat gigi untuk melakukan hal yang sama.

Isopropil alkohol memecah kotoran dan cepat kering, sehingga tidak akan merusak iPhone. Coba gunakan persentase isopropil alkohol tertinggi yang dapat kamu temukan. Saat kamu melakukannya, bersihkan seluruh iPhone secara menyeluruh.

3. Putuskan sambungan dari perangkat Bluetooth

Tersambung ke perangkat Bluetooth dapat berarti iPhone kamu mengaktifkan mikrofon eksternal, dan kamu tidak dapat menggunakan mikrofon internal.

Ini adalah masalah umum bagi mereka yang menggunakan headphone Bluetooth seperti AirPods. Periksa apakah kamu terhubung ke perangkat Bluetooth dengan membuka Pusat Kontrol iPhone, lalu matikan Bluetooth. Atau, ketuk dan tahan untuk melihat semua perangkat yang terhubung.

(brl/red)