8 Cara memperbaiki masalah pemborosan baterai smartphone dan tips untuk memperbaikinya

8 Cara memperbaiki masalah pemborosan baterai smartphone dan tips untuk memperbaikinya

Techno.id - Baterai smartphone adalah salah satu perangkat keras yang sangat penting. Karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai smartphone agar kinerja perangkat tetap optimal sekaligus memperpanjang masa pakainya. Berikut adalah beberapa tips dan langkah pemecahan masalah untuk memastikan baterai ponsel cerdas kamu tetap dalam kondisi baik.

1. Hindari suhu ekstrem

8 Cara memperbaiki masalah pemborosan baterai smartphone dan tips untuk memperbaikinya foto: freepik/eva058929

Suhu tinggi dapat menyebabkan baterai lebih cepat rusak, sedangkan suhu dingin yang ekstrem dapat mengurangi efisiensi baterai untuk sementara. Jaga perangkat kamu dalam kisaran suhu yang disarankan untuk menjaga kesehatan baterai.

2. Hindari pengisian daya yang berlebihan

8 Cara memperbaiki masalah pemborosan baterai smartphone dan tips untuk memperbaikinya foto: .freepik/lashkhidzetim

Pengisian daya yang berlebihan dapat membebani baterai dan memperpendek masa pakainya. Setelah perangkat kamu mencapai daya 100%, cabut stekernya dari pengisi daya untuk mencegah tekanan yang tidak perlu pada baterai.

3. Kelola siklus pengisian daya baterai

8 Cara memperbaiki masalah pemborosan baterai smartphone dan tips untuk memperbaikinya foto: freepik/user33769719

Baterai lithium-ion berfungsi secara optimal saat diisi daya antara kapasitas 20% hingga 80%. Hindari sering membiarkan baterai perangkat terkuras hingga 0% atau mengisinya hingga 100%. Karena kebiasaan tersebut dapat mempercepat penurunan daya baterai. Sebagai gantinya, jaga level baterai di kisaran menengah untuk masa pakai yang lebih lama.

4. Aktifkan fitur hemat baterai

8 Cara memperbaiki masalah pemborosan baterai smartphone dan tips untuk memperbaikinya foto: unsplash/amanz

Banyak ponsel cerdas menawarkan fitur pengoptimalan baterai bawaan atau mode hemat daya. Aktifkan mode ini untuk membatasi proses latar belakang, menyesuaikan kinerja CPU, dan menghemat daya saat baterai perangkat kamu hampir habis.

(brl/red)