9 Langkah cara membersihkan bagian penting iPhone agar tetap terlihat kinclong dan performa lancar

9 Langkah cara membersihkan bagian penting iPhone agar tetap terlihat kinclong dan performa lancar

Techno.id - Sebagian besar dari kita membawa iPhone ke mana pun pergi. Karena itu tak heran jika iPhone mudah kotor, termasuk akibat penggunaan sehari-hari. Namun tidak terlalu sulit untuk menjaga tampilan iPhone tetap kinclong.

Namun sebelum membersihkan iPhone kesayangan, kamu perlu menyiapkan beberapa alat yang harus disiapkan di antaranya, handuk kecil atau kain mikrofiber, semangkuk air sabun hangat, semangkuk air keran dingin, isopropil alkohol, kunci slot SIM, penjepit kertas, atau benda runcing kecil serupa, sikat lembut, tusuk gigi kayu, kapas, penyedot debu genggam. Sekarang, mari kita mulai dengan proses pembersihannya.

1. Membersihkan casing

9 Langkah cara membersihkan bagian penting iPhone agar tetap terlihat kinclong dan performa lancar foto: freepik/mateus andre

Kamu dapat membersihkan casing secara terpisah karena jauh lebih tahan terhadap kerusakan daripada iPhone. Ini juga relatif murah untuk mengganti casing jika terjadi sesuatu.

Dengan casing dilepas, bersihkan sesuai petunjuk pembersihan pabrik, jika ada. Jika tidak, gunakan air sabun hangat untuk menghilangkan kotoran dari casing. Perhatikan berbagai potongan pada casing untuk port pengisian daya, sakelar dering atau senyap, Tombol Aksi, pengatur volume, dan kamera. Letakkan casing iPhone ke samping dan biarkan mengering setelah dibersihkan.

2. Membersihkan layar

9 Langkah cara membersihkan bagian penting iPhone agar tetap terlihat kinclong dan performa lancar foto: freepik

Berhati-hatilah dengan layar, yang merupakan bagian paling sensitif dari perangkat. Apple menerapkan lapisan oleophobic ke layar iPhone, yang membantu mengusir minyak dari jari. Untuk mempertahankan lapisan oleophobic, kamu hanya boleh menggunakan air untuk membersihkan layar iPhone.

Jangan gunakan pembersih abrasif, pembersih kaca, semprotan permukaan, alkohol gosok, atau apa pun yang menjanjikan dapat menghilangkan minyak. Zat tersebut akan merusak lapisan oleophobic.

Sebagai gantinya, ambil kain mikrofiber yang lembut, basahi dengan air keran. Saat membersihkan, usap ke arah yang sama untuk mendorong minyak dan kotoran keluar dari layar. Ini mungkin membutuhkan beberapa lap dan beberapa kali pencelupan lagi ke dalam air keran.

3. Membersihkan port pengisian daya

9 Langkah cara membersihkan bagian penting iPhone agar tetap terlihat kinclong dan performa lancar foto: freepik/ali-production

Jika iPhone tidak mengisi daya secepat dulu, port pengisian daya mungkin kotor. Kotoran bisa berupa serat saku, bulu halus, atau debu yang dapat mencegah pin di dalamnya terhubung dengan pengisi daya.

Apple menyarankan agar tidak menggunakan udara bertekanan untuk membersihkan bagian mana pun dari iPhone, termasuk port pengisian daya.

Meskipun kamu dapat membersihkan port pengisian daya iPhone menggunakan alat pelepas SIM yang disertakan dengan iPhone dengan slot SIM fisik, berhati-hatilah saat menggores karena dapat merusak konektornya. Pilihan yang lebih baik adalah menggunakan tusuk gigi yang ujungnya tajam dibungkus dengan kapas.

Masukkan pin ke port USB-C atau Lightning dan kikis kotoran yang ada. Bersihkan apa yang kamu temukan dan ulangi sampai bersih. Nyalakan lampu di port untuk memeriksa sisa kotoran.

4. Bersihkan kontak kabel pengisi daya

9 Langkah cara membersihkan bagian penting iPhone agar tetap terlihat kinclong dan performa lancar foto: freepik/eyeem

Alasan lain mengapa iPhone kamu mungkin tidak mengisi daya dengan benar adalah status kabel Lightning atau USB-C. Secara khusus, kontak dapat menekan kotoran yang masuk ke port pengisian daya. Hal ini menyebabkan penumpukan kotoran pada kontak kabel yang dapat mencegah pengisian daya yang tepat.

Cabut kabel pengisi daya di kedua ujungnya sebelum mencoba membersihkannya. Bersihkan konektor dengan kain lembab. Pastikan konektor mengering sebelum digunakan kembali. Ini juga saat yang tepat untuk memeriksa kabel dari tanda-tanda kerusakan atau keausan lebih lanjut.

5. Membersihkan mikrofon dan kawat grill speaker

9 Langkah cara membersihkan bagian penting iPhone agar tetap terlihat kinclong dan performa lancar foto: freepik/pvproductions

Speaker dan mikrofon berada di bagian bawah iPhone, di kedua sisi port pengisian daya. Ini adalah salah satu area yang paling sulit dibersihkan dan kemungkinan besar area tersebut dipenuhi kotoran.

Jangan gunakan udara bertekanan, karena tekanannya dapat merusak iPhone atau mengurangi ketahanan airnya. Sebagai gantinya, ambil sikat gigi yang halus dan super lembut. Gosok perlahan area tersebut untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Berhati-hatilah untuk tidak menggunakan terlalu banyak tenaga.

(brl/red)