Cara mudah menghubungkan mikrofon nirkabel ke iPhone, pastikan perangkat yang digunakan kompatibel   

Cara mudah menghubungkan mikrofon nirkabel ke iPhone, pastikan perangkat yang digunakan kompatibel   

Techno.id - Ponsel telah berkembang jauh sejak diperkenalkan pada 1980-an. Saat ini, ponsel dapat melakukan berbagai hal, mulai dari menghubungi teman dan keluarga dengan berbagai cara hingga menjelajahi Internet, mengakses hampir semua platform media sosial, bermain game, dan banyak lagi.

Terlepas dari inovasi ini, model top of the line seperti iPhone Apple yang selalu popular, dapat ditingkatkan dengan perangkat keras tambahan, seperti mikrofon eksternal. Maklum, iPhone telah mengubah permainan di bidang komunikasi selular.

Kamera menjadi lebih tajam dan cerah, opsi aksesibilitas telah diperluas, dan kualitas mikrofon telah meningkat. Tapi tetap saja, baik kamu seorang reporter yang sedang melakukan wawancara langsung, calon pengisi suara dengan anggaran peralatan terbatas, atau hanya seseorang yang suka bereksperimen dengan teknologi perekaman audio terbaru, berinvestasi pada mikrofon eksternal dapat bermanfaat. Untungnya, tidak sulit untuk menyambungkan salah satu dari berbagai jenis mikrofon ke iPhone secara nirkabel. Hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana.

Menghubungkan mikrofon nirkabel ke iPhone

Cara mudah menghubungkan mikrofon nirkabel ke iPhone, pastikan perangkat yang digunakan kompatibel foto: freepik

Secara keseluruhan, proses menghubungkan mikrofon nirkabel ke iPhone umumnya sama, terlepas dari model mikrofon yang digunakan. Yang kamu butuhkan hanyalah perangkat keras yang tepat dan kamu akan siap merekam dalam waktu singkat.

1. Hubungkan penerima ke port pengisian daya iPhone. Jika penerima tidak memiliki konektor Lightning, kamu harus menggunakan adaptor yang diperlukan untuk membuat sambungan.

2. Dengan penerima terhubung ke iPhone, nyalakan mikrofon. Kamu juga harus menyalakan pemancar jika mikrofon kamu dilengkapi dengan pemancar.

3. Melalui pengaturan audio atau perangkat lunak perekaman iPhone, mikrofon eksternal akan muncul sebagai penerima audio yang terhubung.

4. Pilih mikrofon eksternal kamu sebagai penerima audio pilihan.

Mikrofon kamu sudah siap digunakan. Beberapa langkah ini mungkin perlu diubah tergantung pada spesifik mikrofon yang kamu gunakan.

Mengatasi masalah mikrofon iPhone nirkabel yang tidak berfungsi

Cara mudah menghubungkan mikrofon nirkabel ke iPhone, pastikan perangkat yang digunakan kompatibel foto: freepik

Meskipun mungkin tampak seperti proses yang cukup mudah untuk menyambungkan mikrofon nirkabel ke iPhone, terkadang ada yang tidak beres. Jika kamu mengalami masalah saat menyambungkan iPhone dan mikrofon, ada beberapa hal yang harus kamu periksa ulang.

Masalah utama bagi sebagian orang adalah koneksi antara receiver dan iPhone. Jika adaptor diperlukan, pastikan bahwa kamu memiliki adaptor yang tepat. Misalnya, jika receiver kamu memiliki colokan 3,5 mm di ujungnya, kamu tidak bisa hanya menggunakan adaptor lightning ke 3,5 mm. Kamu harus menghubungkan lightning ke USB terlebih dahulu, lalu USB ke 3.5 mm. Jika tidak, ponsel tidak akan mengeluarkan suara apa pun.

Masalah lainnya adalah baterai. Jika mikrofon, pemancar, atau penerima kamu tidak terisi daya, maka rekaman tidak akan berfungsi. Bergantung pada perangkat keras kamu, beberapa dilengkapi dengan casing pengisi daya yang juga perlu diisi dayanya untuk menghidupkan peralatan, sementara yang lain perlu diisi dayanya secara terpisah.

(brl/red)