4 Cara mentransfer file dari iPhone ke PC Windows, bisa pakai kabel atau nirkabel  

4 Cara mentransfer file dari iPhone ke PC Windows, bisa pakai kabel atau nirkabel  

Techno.id - Selama ini mungkin pengguna iPhone sangat nyaman dengan ekosistem Apple. Namun, tidak selamanya pengguna iPhone juga menggunakan Mac. Bahkan kebanyakan pemilik iPhone menggunakan laptop Windows. Tidak mengherankan jika saat mereka mentransfer file antara iPhone dan Windows itu merepotkan.

Terkadang, file iPhone tidak muncul di PC, atau lebih buruk lagi, komputer tidak mengenali iPhone. Jika kamu bosan mencoba beberapa metode berbeda untuk menyambungkan iPhone ke PC, jangan menyerah dulu. Berikut cara mentransfer file dari iPhone ke PC Windows dan sebaliknya.

1. Menggunakan kabel USB atau lightning

4 Cara mentransfer file dari iPhone ke PC Windows, bisa pakai kabel atau nirkabel foto: freepik/andreync72

Ini adalah cara paling dasar untuk mentransfer file antara iPhone dan PC Windows. Cukup gunakan kabel lightning yang bagus yang mendukung transfer data untuk menghubungkan iPhone ke PC. Kemudian, buka File Explorer di Windows untuk menavigasi ke direktori iPhone.

Kamu kemudian dapat mentransfer file yang diinginkan dari penyimpanan iPhone ke PC Windows. Cukup salin file apa pun yang diinginkan dan tempelkan ke penyimpanan lokal PC. Gunakan metode ini terutama jika kamu ingin mentransfer foto atau video dengan kapasitas kecil.

2. Menggunakan iTunes

4 Cara mentransfer file dari iPhone ke PC Windows, bisa pakai kabel atau nirkabel foto: apple/itunes

iTunes adalah perangkat lunak yang dikembangkan Apple yang membantu iPhone berkomunikasi dengan PC. Kamu dapat menggunakan iTunes untuk menyinkronkan data iPhone seperti foto, video, musik, dan lain sebagainya ke PC. Berikut cara menggunakan iTunes untuk mentransfer file antara iPhone dan PC Windows.

1. Instal iTunes di PC Windows.

2. Buka iTunes dan sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB.

3. Pilih Izinkan pada prompt di iPhone untuk mengizinkan perangkat mengakses data kamu.

4. Ketuk Trust untuk mempercayai komputer. Kemudian, masukkan kode sandi kamu.

5. Sekarang, klik Lanjutkan untuk mengizinkan komputer mengakses informasi di iPhone kamu.

6. Konten iPhone kamu sekarang akan muncul di iTunes. Gunakan panel di sebelah kiri untuk menavigasi ke kategori yang diinginkan dan mengakses file kamu.

Ini adalah dua metode yang direkomendasikan untuk transfer file melalui kabel. Lantas bagaimana jika beralih ke metode nirkabel

3. Menggunakan penyimpanan cloud

4 Cara mentransfer file dari iPhone ke PC Windows, bisa pakai kabel atau nirkabel foto: freepik/rawpixel.com

Meskipun metode ini melibatkan beberapa langkah tambahan, ini adalah cara yang cukup sederhana untuk mentransfer foto dan video dari iPhone ke PC. Daftar untuk solusi penyimpanan cloud seperti Google Drive atau One Drive. Kemudian, unggah file yang ingin kamu transfer dari iPhone menggunakan aplikasi yang sesuai.

Akses situs web penyimpanan cloud di PC Windows dan unduh file yang diinginkan. Atau, kamu dapat menyinkronkan perpustakaan Foto Apple ke Google Foto dan mengunduh file yang kamu inginkan langsung dari PC.

4. Gunakan alternatif Airdrop

4 Cara mentransfer file dari iPhone ke PC Windows, bisa pakai kabel atau nirkabel foto: freepik

AirDrop dibatasi untuk perangkat Apple. Jadi, jika kamu tidak dapat menggunakannya untuk menghubungkan iPhone ke Windows. Namun, ada alternatif untuk AirDrop yang berfungsi lintas platform. Snapdrop dan Sharedrop adalah beberapa contoh situs web yang memungkinkan kamu mentransfer file dari iPhone ke PC Windows secara nirkabel. Begini cara menggunakannya.

1. Hubungkan iPhone dan PC kamu ke jaringan yang sama.

2. Buka Snapdrop atau Sharedrop menggunakan browser di PC Windows dan juga iPhone.

3. Kamu sekarang akan melihat pop-up PC di iPhone. Konfirmasikan apakah nama yang ditampilkan sama dengan yang ada di PC.

4. Jika namanya cocok, ketuk ikon PC untuk memilih file yang ingin kamu transfer.

5. Kamu sekarang akan melihat prompt di PC yang menanyakan apakah kamu ingin menerima file yang sedang dikirim. Pilih Simpan.

File yang dipilih sekarang akan ditransfer ke PC. Kamu juga dapat melakukan proses ini secara terbalik untuk memilih file di PC dan mentransfernya ke iPhone.

Layanan semacam ini sangat bagus untuk mentransfer file dan foto yang lebih kecil karena file besar seperti video membutuhkan waktu lama untuk ditransfer.

(brl/red)