Ini 12 trik hemat baterai iPhone ala TikTokers yang ia dapat dari mantan karyawan Apple

Ini 12 trik hemat baterai iPhone ala TikTokers yang ia dapat dari mantan karyawan Apple

Techno.id - Masa pakai baterai selalu menjadi perhatian dan pertimbangan utama sebagian besar pengguna saat membeli iPhone. Wajar jika pandangan tersebut dianggap lumrah.

Sebab, hampir sepanjang hari pengguna akan memakai perangkat mereka untuk beraktivitas, termasuk membantu menyelesaikan berbagai tugas. Setidaknya mereka membutuhkan sekali pengisian daya untuk menjalani hari tanpa khawatir tiba-tiba iPhone mereka mati.

Apalagi jika mereka semakin sering menggunakan iPhone, maka semakin cepat usia baterai. Setelah beberapa tahun, perangkat akan memerlukan penggantian baterai atau telepon baru.

Namun sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk menghemat masa pakai baterai dan meningkatkan kesehatan baterai iPhone. Trik inilah yang dilakukan Tyler Morgan, seorang TikTokers ketika memposting klip TikTok pendek yang membahas trik baterai iPhone. Vdeo tersebut mendapat banyak perhatian.

Morgan mengaku trik tersebut ia dapatkan setelah melihat postingan seorang mantan karyawan Apple yang membagikan 12 trik masa pakai baterai di media sosial. Morgan pun mengaku sudah menggunakan sembilan di antaranya. Berikut adalah trik hemat baterai iPhone yang dicantumkan Morgan.

Ini 12 trik hemat baterai iPhone ala TikTokers yang ia dapat dari mantan karyawan Apple foto: freepik

1. Jangan mengisi daya baterai hingga 100%.

2. Jangan mengisi daya semalaman.

3. Isi daya hingga 80% (fitur yang dibatasi untuk model iPhone 15 Pro).

4. Matikan aktivitas latar belakang untuk beberapa aplikasi.

5. Matikan atau batasi layanan lokasi untuk beberapa aplikasi.

6. Kurangi kecerahan layar atau setel ke otomatis.

7. Matikan fitur Naikkan untuk Bangun.

8. Setel kunci otomatis ke 1 menit.

9. Matikan "Hey Siri".

10. Matikan Bluetooth dari aplikasi Pengaturan.

11. Aktifkan Kurangi Gerakan.

12. Batasi Kecepatan Bingkai hingga 60Hz (pada model iPhone Pro yang mendukung fitur ini)

Dari deretan tips tersebut, Morgan sudah membatasi kecepatan bingkai hingga 60Hz di iPhone 14 Pro yang ia gunakan untuk mengujinya dan membiarkannya seperti itu selama setahun.

Selain itu, ia juga menggunakan delapan tips dan trik dari saran hemat baterai iPhone di atas, dengan beberapa pengecualian. Misalnya, ia mengurangi gerakan di iPhone bertahun-tahun lalu karena gerakan animasi yang cepat itu dapat menguras baterai.

@hitomidocameraroll Let me know how much longer your battery lasts if you do all thesecause I cant be bothered to do it myself. #savebatterylife #iphone #apple #iphonebattery #battery #iphonehacks #tech #ios #settings Le Monde - From Talk to Me - Richard Carter

Ia juga menyetel kunci otomatis ke 1 menit untuk alasan keamanan. Namun, ia akan mematikan layar segera setelah selesai menggunakan iPhone. Sedangkan untuk batas pengisian daya 80%, itu adalah fitur baterai eksklusif dari seri iPhone 15 Pro, jadi ia menghentikan iPhone secara manual agar tidak mencapai 100%.

Kamu dapat menggunakan pintasan agar iPhone memutar suara saat mencapai kapasitas tertentu. Dengan begitu, kamu dapat berhenti mengisi daya sebelum mencapai 100%.

Namun ia tidak mematikan Raise to Wake, Siri, dan Bluetooth. Untuk ketiga opsi fitur ini, ia selalu mengaktifkan Bluetooth, karena ia juga pengguna AirPods.

Seperti yang dicatat Morgan, dengan mengatur pengaturan iPhone tersebut dapat memengaruhi pengalaman menggunakan iPhone secara keseluruhan, terutama untuk menghemat masa pakai baterai di iPhone.

(brl/red)