Cara mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai

Cara mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai

Techno.id - Salah satu topik paling kontroversial ketika berbicara tentang iPhone adalah pengisian daya dan masa pakai baterai. Maklum, para pengguna iPhone seringkali mengeluhkan masa pakai baterai perangkat mereka yang tidak dapat bertahan seharian hanya dengan sekali pengisian daya.

Artinya, mereka harus mengisi daya beberapa kali dalam sehari agar iPhone mereka tetap aktif. Salah satu solusi yang ditawarkan untuk mengatasi hal ini adalah dengan pengisian daya cepat.

Ada cara untuk membantu kamu mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai. Prosesnya lebih mudah dari yang kamu bayangkan, tetapi ada beberapa tip dan trik untuk memaksimalkannya.

iPhone yang lebih baru mengisi daya maksimum 20W, jadi kamu tidak perlu menggunakan adaptor fast charging 96W bawaan Mac atau pengisi daya GaN yang dapat memberikan daya yang cukup untuk iPad, Mac, dan iPhone secara bersamaan. Sebenarnya solusi pengisi daya 20W milik iPhone 15 sangat cocok untuk itu.

Pengisi daya 20W Apple dan kabel USB-C ke USB-C sepenuhnya mampu mengisi daya iPhone 15 dengan kecepatan maksimum. Namun ada tip dan trik lain agar kamu mendapatkan pengisian daya tercepat.

1. Aktifkan mode daya rendah

Cara mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Karena iPhone menghabiskan energi meskipun sedang diisi dayanya, menahan aktivitas latar belakang, fitur ProMotion, dan teknologi lainnya akan membantu meningkatkan kecepatan pengisian daya.

2. Menutup aplikasi

Cara mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai foto: techno.id/yani andriyansyah

Tanpa aplikasi yang dibuka, aplikasi tersebut tidak akan membutuhkan lebih banyak daya dari iPhone kamu.

3. Periksa suhu yang tepat

Cara mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai foto: freepik/vecstock

Jika terlalu panas atau terlalu dingin, iPhone mungkin tidak dapat mengisi daya dengan benar. Karena itu jangan pernah meletakkan iPhone di bawah sinar matahari saat mengisi daya dan hindari suhu beku.

4. Jangan gunakan iPhone saat mengisi daya

Cara mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai foto: freepik/fabrikasimf

Ini mungkin sulit, tetapi cobalah melakukan aktivitas lain saat mengisi daya iPhone. Misalnya kamu bisa membaca buku, berjalan-jalan di taman, atau menonton TV.

5. Aktifkan mode pesawat dan matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Cara mengisi daya iPhone secepat mungkin tanpa merusak baterai foto: freepik/tete_escape

Jika kamu ingin mengisi daya iPhone dengan cepat, mematikan Wi-Fi dan Bluetooth saat mengaktifkan mode pesawat akan membantu mengisi daya iPhone secepat mungkin.

Dengan tips dan trik ini, lebih mudah untuk mengisi daya iPhone secepat mungkin. Jangan lupa juga bahwa iPhone akan mengisi daya 50% dalam 30 menit dengan menggunakan adaptor 20W.

(brl/red)