4 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu ketahui, begini cara menggunakannya

4 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu ketahui, begini cara menggunakannya

Techno.id - WhatsApp, aplikasi pesan instan paling popular saat ini terus menambahkan banyak fitur baru untuk kenyamanan dan keamanan pengguna. Sebut saja fitur berbagi layar di mana pengguna bisa meminta pendapat rekan kerja tentang presentasi yang sedang dikerjakan.

Lalu ada juga panggilan video dengan teman atau anggota keluarga di WhatsApp untuk berbagi pendapat. Kini pengguna bisa merekam pesan video pendek dan mengirimkannya seperti halnya mengirim pesan suara.

Sebelumnya pada Juni lalu, WhatsApp juga merilis Privacy Checkup, sebuah fitur yang menyimpan semua pengaturan terkait privasi pengguna di satu tempat, termasuk siapa saja yang dapat menghubungi pengguna.

Fitur ini juga bisa untuk visibilitas informasi pribadi dan opsi berguna lainnya yang mungkin ingin diawasi, terutama jika pengguna merasa tidak nyaman dengan semua orang yang mengirim pesan atau menelepon. Berikut deretan fitur baru WhatsApp yang harus kamu ketahui.

1. Berbagi layar

4 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu ketahui, begini cara menggunakannya foto: androidauthority.com

Berbagi Layar adalah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi konten di layar dengan peserta panggilan video. Fitur ini tersedia di versi terbaru WhatsApp untuk Android, iOS, dan Windows. Berikut cara menggunakannya.

1. Buka WhatsApp di ponsel atau komputer.

2. Mulai panggilan video atau masuk ke dalam panggilan video.

3. Ketuk tombol berbagi layar baru di sebelah kiri kontrol kamera, yang terlihat sangat mirip dengan tombol di Google Meets.

4. Izinkan WhatsApp untuk berbagi layar jika kamu menggunakan ponsel. Pilih tab atau aplikasi mana yang ingin kamu bagikan jika menggunakan PC.

5. Peserta lain akan segera dapat melihat layar kamu.

6. Untuk mengakhiri siaran, tekan Berhenti Berbagi atau Hentikan Berbagi Layar.

Fitur lain yang dirilis berbarengan dengan Berbagi Layar adalah Mode Lansekap untuk panggilan video. Ketika seseorang berbagi layar, kamu dapat memiringkan ponsel ke samping untuk meningkatkan keterbacaan.

2. Mengirim pesan video pendek

4 Fitur baru WhatsApp yang perlu kamu ketahui, begini cara menggunakannya foto: whatsapp

Dengan fitur ini memungkinkan pengguna mengirim video berdurasi 60 detik atau lebih pendek dalam DM, mirip dengan pesan suara. Jadi, jika ada sesuatu yang perlu direkam dan kirim, kamu bisa melakukannya langsung dari layar pesan tanpa membuka kamera WhatsApp. Untuk merekam pesan video pendek, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Masukke mode video pada jendela obrolan dengan mengetuk ikon mikrofon di sudut kanan bawah.

2. Setelah berubah menjadi ikon kamera video, tekan lagi dan tahan untuk merekam pesan video.

3. Untuk mengaktifkan mode bebas genggam, tahan dan usap ikon kamera video ke atas.

4. Kamu juga dapat beralih antara kamera depan dan kamera belakang saat merekam pesan.

5. Terakhir, lepaskan tombol atau tekan panah biru di kanan bawah untuk mengirimnya.

(brl/red)