Saingi Google Meet dan Zoom, WhatsApp luncurkan fitur berbagi layar

Saingi Google Meet dan Zoom, WhatsApp luncurkan fitur berbagi layar

Techno.id - WhatsApp, platform perpesanan popular meluncurkan fitur terbaru, berbagi layar. Fitur ini ditujukan untuk meningkatkan pengalaman panggilan video bagi para pengguna.

Dengan fitur ini, menempatkan WhatsApp dalam persaingan langsung dengan aplikasi konferensi video yang sudah mapan seperti Google Meet, Zoom, dan FaceTime besutan Apple.

Pengumuman ini disampaikan langsung CEO Meta, Mark Zuckerberg, melalui sebuah postingan di Facebook dan saluran Instagram-nya. Fitur berbagi layar yang baru diperkenalkan ini memungkinkan pengguna berbagi berbagai konten, termasuk dokumen, foto, dan bahkan keranjang belanja, dengan kontak mereka selama panggilan video.

Saingi Google Meet dan Zoom, WhatsApp luncurkan fitur berbagi layar foto: unsplash/grant davies

Awalnya diluncurkan untuk penguji beta tertentu pada platform Android pada akhir Mei lalu, fitur berbagi layar dapat diakses secara mudah dengan mengetuk atau mengeklik ikon 'Share'. Pengguna diberikan opsi untuk berbagi aplikasi tertentu atau seluruh layar mereka, meniru fungsionalitas platform konferensi video seperti Google Meet dan Zoom.

Seperti dilaporkan TechCrunch, WhatsApp secara bertahap meluncurkan fitur berbagi layar kepada para penggunanya di seluruh platform Android, iOS, dan Windows Desktop secara bertahap. Meskipun tidak segera tersedia untuk semua orang, fitur ini diharapkan dapat diakses semua pengguna dalam waktu dekat.

Selain berbagi layar, WhatsApp juga telah memperkenalkan dukungan untuk panggilan video dalam mode landscape. Fitur ini memberikan pengalaman menonton yang lebih luas dan lebih imersif dibanding dengan mode portrait yang sudah ada. Peningkatan ini selaras dengan fitur berbagi layar, yang menawarkan pengguna cara yang komprehensif untuk berinteraksi dengan kontak mereka.

(brl/red)