WhatsApp Web menghadirkan fitur kunci layar untuk lapisan keamanan tambahan

WhatsApp Web menghadirkan fitur kunci layar untuk lapisan keamanan tambahan

Techno.id - WhatsApp memperkenalkan fitur kunci layar untuk versi web desktop. Menurut WaBetaInfo, peningkatan ini hadir setelah melalui masa pengembangan dan pengujian.

Fitur baru ini menawarkan lapisan perlindungan tambahan kepada pengguna untuk percakapan dan pesan pribadi mereka. Namun, untuk saat ini fitur ini hanya tersedia untuk sekelompok penguji beta tertentu.

Bagaimana cara kerja fitur kunci layar? Laporan tersebut menunjukkan bahwa fitur tersebut berfungsi dengan mewajibkan pengguna memasukkan kata sandi sebelum mendapatkan akses ke daftar obrolan di WhatsApp Web.

Untuk mengetahui apakah fitur tersebut tersedia untuk akun pengguna, mereka harus menuju ke bagian Privasi dalam Pengaturan WhatsApp. Titik masuk Kunci Layar akan muncul jika fitur ini diaktifkan. Setelah diaktifkan, pengguna diharuskan memasukkan kata sandi yang ditentukan untuk membuka kunci WhatsApp Web.

WhatsApp Web menghadirkan fitur kunci layar untuk lapisan keamanan tambahan foto: freepik/thanyakij-12

Penambahan fitur keamanan inovatif ini juga menawarkan opsi penyesuaian, yang memungkinkan pengguna mengonfigurasi frekuensi permintaan kata sandi. Jika lupa kata sandi, pengguna dapat memperoleh kembali akses dengan keluar dari WhatsApp Web dan kemudian memindai kode QR sekali lagi.

Keuntungan terbesar dari fitur kunci layar ini adalah lapisan keamanan tambahan. Fitur ini dapat membantu mencegah akses yang tidak sah ke akun WhatsApp pengguna di web. Fitur ini memastikan bahwa meskipun seseorang mendapatkan akses ke komputer pengguna saat ia sedang pergi, mereka tidak dapat membuka obrolan pribadi pengguna tanpa kata sandi. Lebih jauh lagi untuk memperkuat faktor privasi, WhatsApp memastikan bahwa notifikasi push tetap tersembunyi ketika layar terkunci.

Saat ini, fitur Kunci Layar dapat diakses sekelompok pengguna terbatas yang menggunakan versi beta WhatsApp Web terbaru. Fitur ini akan diluncurkan ke lebih banyak orang dalam beberapa minggu mendatang.

(brl/red)