4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih  

4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih  

Techno.id - Membeli kartu kartu SD (SD Card) bisa melelahkan jika kamu tidak mengetahui jenis, spesifikasi, dan fitur kartu. Ada banyak hal yang terkadang membuat bingung seputar spesifikasi dan fitur kartu SD.

Jika kamu pernah melihat label pada kartu SD, mungkin bertanya-tanya apa arti semua simbol, huruf, dan angka yang disematkan. Sebagian besar, semua informasi itu berkaitan dengan dua hal, berapa banyak data yang dapat disimpan kartu SD dan seberapa cepat kartu SD dapat menulis atau membaca data.

Kebanyakan orang mungkin hanya perlu melihat dua informasi di bagian depan kartu SD, kapasitas penyimpanan dan kecepatan transfer maksimum. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli kartu SD yang cocok dengan kebutuhan kamu, ada baiknya kamu mengetahui segala hal yang terkait kartu penyimpanan ini.

1. Kapasitas penyimpanan

4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih foto: freepik/spencer

Kapasitas penyimpanan adalah spesifikasi kartu SD yang paling mudah dipahami, tetapi berapa banyak ruang yang benar-benar kamu butuhkan? Semuanya tergantung pada tujuan kamu menggunakan kartu SD.

Cara termudah untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan mengetahui seberapa besar file yang ingin kamu simpan dan memutuskan berapa banyak yang ingin disimpan dalam satu kartu.

Misalnya, game Nintendo Switch yang lebih besar membutuhkan ruang antara 16,3 GB dan 55,4 GB. Jadi, kartu 256GB akan dengan mudah memberi kamu ruang yang cukup untuk 4 hingga 5 game yang lebih besar dalam satu kartu.

2. Kecepatan transfer dan kelas kecepatan

4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih foto: freepik/zahar2000

Selain memiliki ruang penyimpanan yang cukup, kamu mungkin menginginkan kartu yang cukup cepat untuk digunakan. Namun, tidak semua orang membutuhkan kartu tercepat. Jika kamu hanya mentransfer file dari satu perangkat ke perangkat lain, kamu mungkin tidak terlalu membutuhkan kecepatan.

Berbedajika kamu seorang fotografer atau videografer yang terus-menerus memotret gambar beresolusi tinggi.Kamu menginginkan kartu yang dapat menulis secepat memotret. Memeriksa kecepatan transfer (MB/detik) di bagian depan kartu dapat membantu kamu memilih kartu yang lebih cepat.

Jika kecepatan benar-benar penting bagi kamu, periksa peringkat kelas kecepatan kartu dan pertimbangkan ukuran file yang ada. Apakah kamu memerlukan kecepatan tulis minimum 90 MB/detik, atau kamu cukup puas dengan kartu yang lebih lambat yang biasanya lebih murah.

(brl/red)