Cara mudah memindahkan file dari kartu memori ke PC atau laptop, bisa juga pakai koneksi USB

Cara mudah memindahkan file dari kartu memori ke PC atau laptop, bisa juga pakai koneksi USB

Techno.id - Memotret objek atau mengambil gambar video saat ini bisa dilakukan dengan kamera digital maupun smartphone. Nah agar tidak memenuhi ruang penyimpanan di perangkat, biasanya kamera digital maupun smartphone dilengkapi kartu memori.

Kartu memori adalah media penyimpanan yang luas dan berguna untuk mentransfer foto, video dan file lainnya dari satu perangkat ke perangkat lain. Untuk kamera digital, SD dan CompactFlash tetap menjadi format kartu memori yang popular, sementara Micro SD yang lebih kecil telah menjadi standar dalam penyimpanan smartphone.

Bagi sebagian orang, menyimpan file foto atau video di dalam kartu memori, selain dapat menghemat penyimpanan internal perangkat, juga akan lebih mudah memindahkan file ke laptop atau komputer. Berikut cara transfer kartu memori menjadi cepat dan mudah.

Cara mudah memindahkan file dari kartu memori ke PC atau laptop, bisa juga pakai koneksi USB foto: unsplash/manuel chinchilla

1. Keluarkan kartu memori dari kamera atau ponsel. Kamu juga bisa menggunakan kabel transfer USB. Dengan menggunakan metode kabel, kamu bisa membiarkan kartu tetap berada di kamera atau smartphone saat proses transfer data ke laptop atau atau PC.

2. Colok salah satu ujungnya ke port data perangkat, dan ujung lainnya ke slot USB komputer atau laptop. Pada sebagian kamera, metode kabel akan mentransfer lebih lambat daripada melalui kartu memori secara langsung. Khususnya, ponsel Apple tidak memiliki opsi penyimpanan kartu memori, jadi USB akan menjadi satu-satunya cara untuk menggunakan perangkat tersebut.

3. Namun banyak laptop dan PC desktop yang menyertakan pembaca kartu SD built-in. Jika kamu memilikinya, maka kartu SD dapat dengan mudah dimasukkan untuk membaca file. Jika PC kamu tidak memiliki slot SD, atau jika kamu perlu membaca format kartu yang berbeda, maka diperlukan pembaca kartu eksternal. Pembaca ini biasanya dihubungkan ke port USB yang tersedia dan dapat digunakan untuk mentransfer file seperti drive eksternal lainnya.

Cara mudah memindahkan file dari kartu memori ke PC atau laptop, bisa juga pakai koneksi USB foto: unsplash/erik mclean

4. Temukan folder tujuan pada komputer kamu, tempat ingin menyimpan file, misalnya, Desktop, folder Pictures (Gambar) utama, atau sub-folder di kedua folder tersebut.

5. Buka folder tujuan pilihan. Sebuah pesan akan muncul yang mengatakan bahwa perangkat telah terhubung dan menanyakan apa yang ingin kamu lakukan.

(brl/red)