Cara mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Android

Cara mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Android

Techno.id - Para pengguna ponsel Android pasti pernah mendapat notifikasi yang bertuliskan, Ruang penyimpanan hampir habis atau Beberapa sistem mungkin tidak berfungsi. Nah jika kamu mendapatkan notifikasi tersebut, itu artinya kapasitas penyimpanan ponsel kamu sudah nyaris penuh.

Namun untuk ponsel keluaran terbaru, mungkin hal tersebut jarang ditemui. Sebab saat ini banyak ponsel yang memiliki ruang penyimpanan hingga 1TB. Tapi bukan tidak mungkin jika masalah serupa juga bisa dialami karena terlalu banyak aplikasi yang diinstal dan pengguna terus menyimpan setiap konten media dari WhatsApp Anda.

Jika memori sudah mulai penuh maka hal tersebut akan berpengaruh pada kinerja. Ponsel mulai lambat merespons atau malah terkadang hang, terutama ketika pengguna akan mengambil foto atau mengerjakan tugas-tugas penting.

Karena ada baiknya kamu mulai mengosongkan ruang penyimpanan ponsel dengan menghapus beberapa data yang tidak perlu. Berikut cara mengosongkan ruang penyimpanan di ponsel Android.

1. Copot pemasangan aplikasi

Cara mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Android foto: unsplash/rahul chakraborty

Sebaiknya kamu menghapus aplikasi yang jarang digunakan karena dapat membuat boros ruang penyimpanan ponsel. Selain itu aplikasi yang tidak aktif ini juga dapat menguras baterai.

Jenis aplikasi lain yang bisa kamu hapus adalah bloatware. Ini adalah sekelompok aplikasi yang dibenamkan produsen pada ponsel dengan harapan pengguna akan memakainya.

2. Hapus cache

Cara mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Android foto: freepik

Setelah menghapus aplikasi, pikirkan untuk menghapus cache aplikasi atau cache ponsel. Cache adalah file, foto, dan multimedia yang dimuat saat pengguna membuka aplikasi atau membuka situs web untuk pertama kalinya. Cache tetap berada di ponsel untuk membantu aplikasi atau situs web memuat lebih cepat sehingga mereka tidak perlu memuat semua data itu lagi untuk menghemat waktu. Namun cache jika lama dibiarkan akan semakin menumpuk dan memenuhi ruang penyimpanan.

3. Bersihkan folder unduhan

Cara mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Android foto:freepik/wirestock

Folder unduhan bisa dibilang sebagai gua sampah. Pengguna biasanya mengunduh video, foto, atau meme, yang tetap berada di folder tersebut cukup lama. Jika dibiarkan terus, akibatnya muncul pesan Ruang penyimpanan hampir habis. Karena itu pastikan folder unduhan bersih. Disarankan mengunduh 'Files by Google'. Aplikasi ini membantu pengguna mengidentifikasi sampah dan duplikat.

4. Buang foto yang sudah dicadangkan

Cara mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Android foto: unsplash/yogas design

Jika kamu banyak mengambil foto dan video, disarankan menggunakan Google Photos untuk menyimpannya secara online. Jadi, cadangkan foto kamu ke cloud atau gunakan SSD/HDD eksternal untuk menyimpannya. Setelah itu foto yang ada di ponsel bisa kamu hapus untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

5. Data peta

Cara mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Android foto: unsplash/jonas leupe

Ketika kamu menggunakan Google Maps atau salah satu aplikasi peta, maka data offline saat digunakan akan tersimpan. Terutama jika kamu mengunduh area tertentu. Jadi, jika kamu tidak sering menggunakannya, atau jika tidak terlalu penting, sebaiknya dihapus untuk mendapatkan lebih banyak penyimpanan.

(brl/red)