Standar kartu SD baru dapat menggandakan kecepatan, bisa transfer maksimum hingga 2GB per detik

Standar kartu SD baru dapat menggandakan kecepatan, bisa transfer maksimum hingga 2GB per detik

Techno.id - Asosiasi kartu Secure Digital (SD) baru-baru ini merilis spesifikasi SD Express 9.1. Kartu ini mendefinisikan standar baru yang ditingkatkan untuk vendor yang memproduksi kartu SD dan perangkat keras pendukungnya. Persyaratan baru ini mencakup arsitektur PCIe 4.0 dan NVMe, yang dapat menggandakan kecepatan maksimum hingga 2GB/s.

Selain itu, spesifikasi 9.1 memperkenalkan sistem pelabelan baru untuk mengindikasikan kelas kecepatan yang dibutuhkan setiap perangkat dan apa yang didukung setiap kartu SD Express. Empat tingkatan mewakili kecepatan baca atau tulis minimum mulai dari 150MB/s seperti kartu 1,5TB yang baru saja diumumkan SanDisk, hingga 600MB/s. Pelanggan harus memeriksa kemasan produk atau buku petunjuk untuk memastikan bahwa mereka menggunakan kartu yang tepat untuk setiap perangkat.

Standar kartu SD baru dapat menggandakan kecepatan, bisa transfer maksimum hingga 2GB per detik foto: freepik/user16766420

Kecepatan bukanlah satu-satunya inovasi yang dibawa spesifikasi ini. Asosiasi ini juga memperkenalkan beberapa aliran data simultan dan metode untuk mengelola daya dan panas.

Dukungan multi-aliran memungkinkan pengguna merekam dan mentransfer beberapa feed ke dalam kartu SD jika kecepatan data total mereka tidak melebihi kelas kecepatan kartu.

Sementara itu, sistem manajemen daya dan termal yang baru memastikan kartu terhindar dari kerusakan akibat panas yang berlebihan. Pemilik Asus ROG Ally baru-baru ini mengalami masalah ini ketika pembaca kartu SD PC gaming genggamnya membatasi kecepatannya atau berhenti bekerja sama sekali karena terlalu panas.

Standar kartu SD baru dapat menggandakan kecepatan, bisa transfer maksimum hingga 2GB per detik foto: freepik/doingforliving

Penanggulangan baru yang pertama untuk masalah ini memungkinkan kartu memberi tahu perangkat host tingkat daya maksimum yang diinginkan berdasarkan kelas kecepatan dan mode bus PCIe. Sehingga perangkat keras tidak mencurahkan terlalu banyak energi untuk membaca dan mentransfer data. Kedua, kartu SD di bawah spesifikasi 9.1 dapat memberikan informasi mengenai batas termal yang unik, yang dapat bervariasi karena perbedaan dalam kinerja, struktur, dan bahan. Data ini dapat membantu perangkat masa depan memberikan kecepatan optimal sambil memantau tingkat panas.

Karena spesifikasinya memerlukan perangkat keras baru, kemungkinan akan memerlukan waktu bagi kartu SD dan pembaca yang mendukung kecepatan baru untuk menjangkau pasar. Setelah itu, asosiasi berencana untuk merilis spesifikasi yang memungkinkan kecepatan transfer hingga 4GB/s.

(brl/red)