4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih  

4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih  

4 Panduan membeli kartu SD

3. Kompatibilitas perangkat

4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih foto: freepik/blkstudio

Sebagian besar kartu yang kamu beli mungkin akan berfungsi di slot kartu SD mana pun. Namun, kamu tidak akan mendapatkan kinerja penuh dari kartu spesifikasi tinggi di slot SD yang lebih lama. Jadi, tidak ada gunanya membeli kartu UHS-II tercepat jika perangkat kamu hanya mendukung UHS-I.

Memeriksa kompatibilitas kartu perangkat akan membantu kamu memilih kartu terbaik untuk kebutuhan tanpa harus membayar lebih untuk spesifikasi yang tidak dapat kamu gunakan.

4. Kecepatan transfer slot SD

4 Faktor yang harus kamu perhatikan sebelum membeli kartu SD, biar nggak salah pilih foto: freepik

Pemeriksaan terakhir sebelum membeli kartu SD adalah kecepatan transfer slot SD di perangkat kamu. Sekali lagi, kamu tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk kartu ultra-cepat hanya untuk mengetahui slot SD perangkat kamu memiliki kecepatan baca atau tulis yang lebih lambat.

Misalnya, Nintendo Switch dapat mentransfer kecepatan hingga sekitar 90MB/detik. Sayangnya, tidak selalu mudah untuk mengetahui seberapa cepat slot SD pada perangkat. Cara terbaik untuk menemukan kecepatan slot kartu SD adalah melalui penelitian dan mencoba pola trial and error.

1. Periksa panduan pengguna atau panduan perangkat untuk melihat apakah kecepatan transfer tertentu tercantum.

2. Selesaikan pencarian di internet untuk sesuatu seperti [nama perangkat] Kecepatan kartu SD atau [nama perangkat] Kecepatan slot kartu SD. Kamu mungkin harus menyaring beberapa sumber untuk menemukan jawabannya.

3. Baca ulasan untuk perangkat yang kamu gunakan atau pertimbangkan untuk dibeli. Peninjau mungkin telah mencantumkan kecepatan transfer SD maksimum yang tersedia untuk perangkat.

4. Jika kamu sudah memiliki perangkat dan memiliki beberapa kartu SD dengan spesifikasi berbeda, kamu dapat mencoba mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mentransfer file.

Intinya, kamu hanya perlu mengetahui tiga hal untuk memilih kartu yang tepat, berapa banyak ruang yang kamu butuhkan, seberapa cepat kamu perlu mentransfer data, dan dukungan atau spesifikasi kartu SD dari slot kartu perangkat kamu.

(brl/red)