Cara memindahkan aplikasi ponsel ke kartu mikro SD

Cara memindahkan aplikasi ponsel ke kartu mikro SD

Techno.id - Ada kalanya seseorang merasa penyimpanan internal ponselnya tidak mencukupi dan ingin menginstal aplikasi ke kartu microSD yang tertanam di perangkat. Sayangnya saat ini tidak semua ponsel Android memungkinkan pengguna menyimpan aplikasi pada kartu SD.

Meskipun Google membangun fitur tersebut ke dalam kode inti Android, namun tetap saja pembuat ponsel harus mengaktifkannya agar ponsel dapat mendukung metode tersebut.

Pada ponsel flagship, metode tersebut mungkin tidak terlalu dibutuhkan. Sebab, kini banyak ponsel flagship yang memiliki penyimpanan internal hingga 1TB. Jadi kamu tidak lagi membutuhkan ekspansi.

Cara memindahkan aplikasi ponsel ke kartu mikro SD foto: freepik/kuprevich

Begitu juga dengan pengguna iPhone. Sebab, rata-rata iPhone tidak dilengkapi dengan slot ekspansi kartu SD. Namun untuk ponsel Android kelas menengah dan entry level, ada yang mendukung penyimpanan aplikasi pada kartu SD.

Namun, meskipun ponsel mendukung penyimpanan aplikasi pada kartu SD, tetapi tidak semua aplikasi dapat disimpan. Khususnya, beberapa aplikasi dengan kapasitas besar seperti game, seringkali tidak mendukung cara tersebut.

Jika ponsel dan aplikasi yang ingin kamu pindahkan mendukung penyimpanan eksternal, berikut ini cara memindahkan aplikasi ke kartu SD.

(brl/red)