3 Cara mengecek kecepatan internet, bisa dilakukan di laptop atau ponsel

3 Cara mengecek kecepatan internet, bisa dilakukan di laptop atau ponsel

Techno.id - Sebagian besar orang saat ini sangat bergantung pada konektivitas internet. Karena hal tersebut memungkinkan mereka mengerjakan berbagai tugas secara online, baik karena pekerjaan maupun untuk hiburan.

Ketika koneksi internet tiba-tiba lambat, kondisi tersebut terkadang bisa membuat mereka stres. Buat yang mengerti teknologi, mereka akan segera mendiagnosis masalah yang dialami.

Tapi bagaimana dengan mereka yang awam? Paling tidak mereka harus mengetahui kecepatan internet yang digunakan. Sebab, dengan mengetahui kualitas konektivitas internet sangat mungkin menjelaskan masalah yang dialami saat melakukan streaming berbagai media, bermain game online, atau mengunduh file. Saat ini untuk mengetahui seberapa cepat koneksi internet juga tidak terlalu sulit.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang pemeriksaan kecepatan internet

3 Cara mengecek kecepatan internet, bisa dilakukan di laptop atau ponsel foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Untuk memastikan kamu mendapatkan hasil yang akurat, lakukan tes kecepatan bukan pada jam sibuk. Jika menguji koneksi internet di rumah, cobalah lakukan di pagi hari ketika kebanyakan orang sedang bekerja, sebab kemungkinan lingkungan sekitar memiliki Internet Services Provider (ISP) yang sama.

Saat melakukan uji coba, pastikan kamu tidak sedang mengunduh sesuatu. Tutup semua situs web atau aplikasi yang terkait dengan streaming audio dan video. Putuskan sambungan dan keluar dari klien VPN jika kamu menggunakannya.

Boot ulang perangkat yang akan kamu gunakan untuk memeriksa kecepatan internet juga sangat disarankan untuk memulai kembali dengan bersih.

Untuk proses yang lebih menyeluruh, periksa kecepatan internet di laptop atau komputer desktop serta di ponsel atau tablet. Jalankan tes di komputer saat terhubung ke Wi-Fi dan terhubung langsung ke router melalui kabel Ethernet dan bandingkan hasilnya.

1. Cara mengecek kecepatan internet di komputer

3 Cara mengecek kecepatan internet, bisa dilakukan di laptop atau ponsel foto: freepik/rawpixel.com

Berikut langkah-langkah untuk memeriksa kecepatan internet menggunakan laptop atau komputer desktop.

1. Hidupkan router atau perangkat WiFi.

2. Periksa apakah ada aplikasi yang berjalan secara otomatis saat dinyalakan dan keluar dari aplikasi tersebut. Ini termasuk klien VPN, aplikasi streaming, platform perpesanan online, dan sejenisnya.

3. Luncurkan peramban web, tutup semua tab yang terbuka, dan biarkan tab kosong.

4. Bersihkan cache peramban kamu.

5. Gunakan situs web uji kecepatan online pada tab browser web yang kosong. Berikut tiga situs yang bisa kamu coba.

- Ookla merupakan tes kecepatan internet paling popular saat ini yang bisa kamu jalankan di berbagai perangkat.

- Cloudflare memiliki halaman hasil yang cukup komprehensif yang dipecah menjadi beberapa grafik dan menunjukkan skor kecepatan secara khusus untuk streaming video, game online, dan obrolan video.

- Google memberikan hasil langsung yang memberi tahu kamu tugas-tugas online apa saja yang bisa ditangani oleh koneksi internet kamu.

6. Setelah semua tes yang kamu jalankan selesai, ambil tangkapan layar dari semua halaman skor tes kecepatan atau catat hasil kecepatan unduh, kecepatan unggah, dan latensi dari setiap tes. Catat juga waktunya jika kamu berniat untuk menjalankan lebih banyak tes di kemudian hari.

(brl/red)