Cara mengaktifkan fitur penghemat data di smartphone Android dan iOS

Cara mengaktifkan fitur penghemat data di smartphone Android dan iOS

Techno.id - Saat ini hampir semua aplikasi ponsel cerdas memiliki opsi untuk mengurangi penggunaan data. Dengan fitur tersebut pengguna bisa menghemat kuota. Umumnya, opsi penggunaan data dapat ditemukan setelah pengguna menavigasi ke Pengaturan.

Tentu saja, pengaturan penghematan data akan berbeda berdasarkan platformnya. Sementara beberapa aplikasi mungkin membatasi kualitas konten yang pengguna lihat. Sedangkan aplikasi lain membatasi kualitas konten yang diunggah pengguna.

Namun, ada juga yang berfokus pada penyimpanan offline, sehingga pengguna tidak perlu berulang kali mengunduh konten yang diinginkan. Keuntungan utama dari pengaturan ini adalah pengguna diposisikan untuk menciptakan pengalaman optimal.

Selain itu, sistem operasi smartphone menyediakan pengaturan menyeluruh untuk membatasi konsumsi data. Pada iPhone, pengguna dapat menemukan pengaturan Mode Data Rendah untuk menghentikan proses intensif data agar tidak berjalan di latar belakang, menonaktifkan unduhan otomatis, dan menjeda pembaruan aplikasi dan layanan asli Apple. Opsi ini dapat ditemukan di tab Opsi Data Seluler pada pengaturan iPhone.

Sementara perangkat Android menawarkan beberapa pengaturan untuk memantau dan mengurangi pemakaian data. Dengan menavigasi ke opsi Jaringan & Internet di pengaturan Android, pengguna dapat menemukan sakelar untuk menonaktifkan sinkronisasi otomatis dan jelajah data, menerima peringatan penggunaan data, dan secara otomatis mematikan data selular ketika batasnya tercapai. Dengan opsi-opsi ini, pengguna dapat mengelola data secara optimal.

Cara mengaktifkan fitur penghemat data di Android

Cara mengaktifkan fitur penghemat data di smartphone Android dan iOS foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Pengaturan

2. Klik Jaringan Selular

3. Aktifkan tombol Data Selular

4. Klik Penggunaan Data

5. Klik Hemat Data lalu aktifkan

6. Kamu juga bisa melihat aplikasi saja yang bisa dibatasi penggunaan datanya

Cara mengaktifkan fitur penghemat data di iOS

Cara mengaktifkan fitur penghemat data di smartphone Android dan iOS foto: techno.id/yani andriyansyah

1. Buka Pengaturan

2. Pilih Selular

3. Klik Pilihan data selular

4. Aktifkan Mode data rendah

(brl/red)