Kemampuan PC yang masih belum tergantikan oleh smartphone

Kemampuan PC yang masih belum tergantikan oleh smartphone

Techno.id - Dalam beberapa tahun terakhir, penjualan PC terus merosot tajam. Ya, penyebab utamanya adalah karena smartphone. Lalu, apakah artinya smartphone sudah dianggap mampu menggantikan kemampuan PC?

Seperti diketahui, pada dasarnya smartphone adalah PC mini. Ia mampu melakukan banyak 'pekerjaan' besar dan kompleks dalam sekejap. Dalam hal ini, smartphone boleh dikatakan telah menggantikan peran PC.

Dari sektor ketahanan, smartphone jelas berumur lebih singkat. Di beberapa model, smartphone bahkan tidak dirancang untuk bertahan lebih dari dua tahun. Jadi dalam kasus ini, cukup jelas bahwa PC masih jauh lebih unggul.

Di aspek penyimpanan data lokal, smartphone sedikit banyak masih membutuhkan layanan cloud (baik gratis maupun berbayar) yang membutuhkan koneksi internet. Namun dengan PC, penyimpanan data lokal tidak akan ke mana-mana.

Sementara untuk sisi harga, PC boleh dikatakan sudah jauh lebih murah daripada beberapa tahun lalu. Sedangkan smartphone yang terus bermunculan justru harga beberapa kali lipat lebih mahal ketimbang PC.

(brl/red)