Google Pixel 7 vs Apple iPhone 14, sama-sama tangguh di sektor kamera

Google Pixel 7 vs Apple iPhone 14, sama-sama tangguh di sektor kamera

Techno.id - Pengguna smartphone saat ini memiliki banyak pilihan perangkat. Baru saja Apple mengumumkan iPhone 14 pada September tahun lalu, tak lama Google menyusul dengan meluncurkan Pixel 7. Rupanya Pixel 7 dibekali beragam fitur yang lebih menarik dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, Pixel 7 juga menampilkan modul kamera belakang yang didesain dengan menawan, memberikan tampilan yang lebih segar dan menarik bagi penggunanya.

Pixel 7 juga memiliki sistem operasi yang diperbarui, yaitu Android 13, yang memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Dengan peningkatan performa dan penyesuaian antarmuka, pengguna dapat menikmati kecepatan dan responsivitas yang lebih baik dalam penggunaan sehari-hari.

Namun beberapa fitur yang dimilikinya juga disebut-sebut menyerupai yang telah dimiliki iPhone 14. Lalu bagaimana jika kedua perangakt ini disandingkan? Untuk menilik lebih jauh, berikut techno.id telah melansir dari digitaltrends pada Sabtu (3/6), lima perbandingan spesifikasi Google Pixel 7 vs Apple iPhone 14.

1. Desain

Meski keduanya tidak membuat banyak inovasi dari seri pendahulunya, namun Pixel 7 mencoba sesuatu yang terlihat berbeda dari sisi desain. Jika pada Pixel 6 memiliki visor kamera horizontal yang terbuat dari kaca, generasi ketujuh ini menggunakan aluminium.

Pixel 7 meninggalkan penampilan hitam yang gelap pada Pixel 6 dan memiliki tampilan yang mungkin sedikit lebih tajam dan mencolok. Selain itu, Pixel 7 juga meninggalkan pewarnaan dua warna pada bagian belakang Pixel 6, dan memilih satu warna untuk seluruh permukaannya. Kamu dapat memilih warna Obsidian (hampir hitam), Snow, atau Lemongrass (hijau terang).

Sebaliknya iPhone 14 tidak mengubah apa pun dari iPhone 13. Kurangnya inovasi dari Apple mungkin sedikit akan menurunkan nilai perangkat iOS ini.

2. Layar

Pixel 7 memiliki layar AMOLED berukuran 6,3 inci, yang mampu mendukung refresh rate 90Hz yang bagus. Layar ini juga memiliki resolusi 2400 x 1080 piksel, sehingga menghasilkan kepadatan piksel sebesar 416 piksel per inci (ppi).

Sementara itu, iPhone memiliki layar Super Retina OLED berukuran 6,1 inci yang mengungguli Pixel dalam hal resolusi dengan 2532 x 1170 piksel (yaitu, 460 ppi). Sayangnya, iPhone hanya memiliki refresh rate 60Hz, yang mengakibatkan tidak memiliki kehalusan dan kelancaran (dalam pengguliran dan animasi) seperti yang dimiliki Pixel 7 dengan refresh rate hingga 90Hz.

Google Pixel 7 vs Apple iPhone 14, sama-sama tangguh di sektor kamera foto: gsmarena.com

3. Prosesor

Pixel 7 menggunakan chip Tensor G2 buatan Google, yang merupakan penerus versi sebelumnya. Chip ini dibangun menggunakan proses manufaktur 5nm, sehingga cukup kuat untuk menangani sebagian besar tugas dan aplikasi, terutama saat dikombinasikan dengan RAM sebesar 8GB. Namun, smartphone ini mungkin mengalami kesulitan saat menjalankan permainan video yang berat.

Hal serupa tampaknya tidak akan terjadi pada iPhone 14. Sebab iPhone 14 menggunakan chip A15 Bionic, seperti pendahulunya. Meskipun hal ini mungkin terlihat seperti tindakan hemat dari pihak Apple, namun chip ini masih mampu menangani pekerjaan komputasi yang intensif tanpa masalah.

(brl/red)