Muncul video Google Pixel 7a yang menguak detail ponsel ini secara utuh menjelang peluncurannya

Muncul video Google Pixel 7a yang menguak detail ponsel ini secara utuh menjelang peluncurannya

Techno.id - Tak hanya mengumumkan secara resmi waktu peluncuran Google Pixel Fold, baru-baru ini sebuah video YouTube milik Munchy (@munchy_cool) bahkan memperlihatkan secara detail mengenai Google Pixel 7a yang juga bakal segera diluncurkan.

Selama ini bocoran mengenai ponsel anyar Google ini sudah menyeruak. Bahkan di eBay sudah muncul unit yang akan dijual. Nah Munchy sebagai salah satu pembeli smartphone ini secara detail memuat video hands-on di akun YouTube pribadinya.

Daridesain hingga spesifikasi yang ditawarkan tampaknya tak jauh berbeda dengan bocoran yang mencuat selama ini. Menurut Munchy, Google Pixel 7a memiliki layar 1080 x 2400 dengan kecepatan refresh 90Hz, RAM 8GB, chipset Google Tensor G2, dan baterai 4.300 mAh.

YouTube @munchy_cool

Smartphone ini memiliki bobot 193 gram, dan bagian belakang serta bingkainya disebut-sebut terasa seperti plastik.Ini merupakan salah satu cara Google untuk menekan harga. Unit yang ia miliki rupanya berwarna Arctic Blue, meskipun terlihat lebih mirip warna putih di sebagian besar pencahayaan.

Tonjolan kamera tidak terlalu menonjol seperti pada Google Pixel 7, malah lebih mirip dengan Pixel 6a. Detail lainnya termasuk speaker stereo, sensor sidik jari di bawah layar, dan dukungan untuk pengisian daya berkabel (sekitar 18-20W) dan pengisian daya nirkabel, yang mereka perkirakan sekitar 5W.

Muncul video Google Pixel 7a yang menguak detail ponsel ini secara utuh menjelang peluncurannya foto: economictimes.indiatimes.com

Konfigurasi kamera mencakup sensor lebar dan ultra lebar di bagian belakang, dengan dukungan untuk merekam video hingga kualitas 4K pada kecepatan 60fps. Kamera depan juga memungkinkan perekaman 4K, tetapi pengguna tidak dapat memilih frame per detik, sehingga diasumsikan terkunci pada 30fps.

Baik kamera utama maupun kamera ultra lebar, tampaknya memotret foto pada 16MP. Dalam kasus kamera utama, itu mungkin merupakan penurunan piksel dari 64MP, karena bocoran lain mengatakan bahwa ia memiliki kamera 64MP. Dalam kasus ultra-wide, hanya ada kamera 12MP.

Spesifikasi yang dipertanyakan

Muncul video Google Pixel 7a yang menguak detail ponsel ini secara utuh menjelang peluncurannya foto: 91mobiles.com

Selain masalah kamera, perlu juga dicatat bahwa baterai 4.300mAh yang mereka sebutkan akan lebih kecil dari yang diharapkan, dengan bocoran sebelumnya menunjukkan baterai 4.400mAh.

Namun, jika ditelisik lebih jauh, beberapa detail dalam video ini mungkin salah. Sebab Munchy menggunakan aplikasi Device Info HW pihak ketiga untuk mengungkap banyak spesifikasi ponsel. Tercatat setidaknya dalam satu kasus, aplikasi ini pasti salah, karena menyebutkan tiga kamera belakang padahal hanya ada dua.

Namun, pengguna akan segera mengetahui semua spesifikasinya secara resmi, karena Google Pixel 7a hampir pasti akan diluncurkan di Google IO 2023 pada 10 Mei 2023 mendatang.

(brl/red)