Menelisik pertarungan Pixel Tablet vs Samsung Galaxy Tab S8, mana nih yang memenuhi kriteria kamu

Menelisik pertarungan Pixel Tablet vs Samsung Galaxy Tab S8, mana nih yang memenuhi kriteria kamu

Techno.id - Persaingan pasar tablet saat ini semakin marak. Apalagi Google sudah memperkenalkan Pixel Tablet yang akan dirilis tahun ini. Selama ini pasar tablet Android premium dikuasai Samsung selama bertahun-tahun.

Nah dengan hadirnya Pixel Tablet, apakah akan mampu bersaing dengan Galaxy Tab S8 yang memiliki nilai jual yang unik karena adanya S Pen, stylus multifungsi untuk penggunaan produktivitas. Bagaimanakah persaingan antara Pixel Tablet vs Galaxy Tab S8 yang berhasil dirangkum techno.id dari berbagai sumber? Yuk kita kulik.

Desain

Menelisik pertarungan Pixel Tablet vs Samsung Galaxy Tab S8, mana nih yang memenuhi kriteria kamu Pixel Tablet (foto:store.google.com)

Kedua tablet Android premium ini dibuat dari sasis aluminium dengan sudut-sudut yang membulat dan sentuhan akhir yang bergaya. Seperti dilansir xda-developer.com, keduanya juga menampilkan logo merek masing-masing secara mencolok di bagian belakang.

Hal yang menarik dari bahasa desain yang digunakan pada Pixel Tablet adalah casing aluminiumnya memiliki lapisan nano-keramik yang unik, memberikan tampilan dan nuansa matte dengan sentuhan lembut. Fitur desain ini terakhir kali digunakan Google pada Pixel 5.

Desainnya diakhiri dengan kamera tunggal di kanan atas dan strip pin pogo di bawah logo G. Tombol daya memiliki sensor sidik jari terintegrasi, dan dilengkapi dengan empat speaker dan tiga mikrofon dengan pengurangan kebisingan.

Pin pogo tersebut menjadi nilai jual utama Pixel Tablet, yaitu dock speaker pengisi daya. Desain dan sentuhan akhir dock sangat cocok dengan jajaran speaker Google Home, dan warnanya senada dengan tablet.

Menelisik pertarungan Pixel Tablet vs Samsung Galaxy Tab S8, mana nih yang memenuhi kriteria kamu Galaxy Tab S8 (foto: samsung.com)

Sementara desain Galaxy Tab S8 sedikit lebih persegi di bagian tepinya, dengan strip hitam di bagian atas belakang yang menampung sistem kamera ganda dan dock pengisian daya magnetis untuk S Pen. Tersedia dalam warna Graphite, Silver, dan Pink Gold, dengan bahan aluminium anodized berwarna pastel.

Permukaan matte tersebut terasa nyaman saat digenggam. Tab S8 juga memiliki empat speaker besutan AKG dan tiga mikrofon dengan teknologi pengurangan kebisingan.
Berat dan dimensi keseluruhan dari kedua tablet ini nyaris serupa. Beratnya hanya lebih dari 500 gram dengan panjangnya hampir 10 inci. Hal ini membuat kedua tablet mudah dibawa dan dipegang.

Tampilan

Menelisik pertarungan Pixel Tablet vs Samsung Galaxy Tab S8, mana nih yang memenuhi kriteria kamu Pixel Tablet (foto: store.google.com)

Pixel Tablet memiliki panel LCD 10,95 inci dengan resolusi 2560x1600 dan kerapatan 276ppi dengan rasio aspek 16:10. Layarnya memiliki bezel tebal di sekelilingnya, yang berwarna putih pada warna Porcelain dan Rose dan hitam pada casing Hazel. Sistem quad-speaker di tablet, dan dock memiliki speaker full-range 43,5 mm.

Dibanding Pixel Tablet, Galaxy Tab S8 memiliki spesifikasi yang hampir sama untuk layarnya. Tablet ini memiliki panel LCD 11 inci dengan resolusi 2560x1600 dan rasio aspek 16:10 yang sama. Layarnya memiliki beberapa perbedaan. Paling mencolok adalah bezel tipis yang nyaris tidak ada.

Menelisik pertarungan Pixel Tablet vs Samsung Galaxy Tab S8, mana nih yang memenuhi kriteria kamu Galaxy Tab S8 (foto: samsung.com)

Hal ini membuatnya terasa sedikit lebih besar, dengan desain edge-to-edge khas Samsung, dan responsif saat menggunakan S Pen yang disertakan. S Pen dapat digunakan tanpa mengisi daya, hanya membutuhkan daya untuk menggunakan fitur Bluetooth air.

Perbedaan lainnya adalah layar pada Tab S8 memiliki kecepatan refresh 120Hz, membuatnya lebih tajam dan terasa lebih responsif saat menggambar atau menggulir.

(brl/red)