3 perbedaan Microsoft 365 dan Microsoft Office 2021, mau pilih berlangganan atau yang sekali bayar

3 perbedaan Microsoft 365 dan Microsoft Office 2021, mau pilih berlangganan atau yang sekali bayar

Techno.id - Microsoft 365 dan Office 2021, keduanya adalah perangkat lunak yang ditawarkan Microsoft untuk memenuhi kebutuhan administrasi atau perkantoran. Dari segi fungsi dan kegunaan, Microsoft 365 dan dan Microsoft Office kurang lebih menyediakan layanan yang sama. Seperti pengetikan dokumen, membaca PDF, PowerPoint, dan masih banyak lagi.

Meskipun secara tampilan dan tujuan kedua produk Microsoft ini hampir sama, tetap saja ada perbedaan yang cukup menonjol di antara keduanya. Berikut tiga perbedaan mendasar Microsoft 365 dan Microsoft Office 2021 yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memakainya dirangkum Techno.id.

1. Berlangganan dan sekali bayar

3 perbedaan Microsoft 365 dan Microsoft Office 2021, mau pilih berlangganan atau yang sekali bayar (Foto: Microsoft)

Perbedaan utama Microsoft 365 dan Microsoft office terletak pada model berlangganannya. Microsoft Office 2021, adalah produk Microsoft office tradisional yang lisensinya dibeli di awal sesuai dengan versinya. Dalam artian pengguna harus membayar di awal untuk dipakai seumur hidup tanpa tanggal kadaluarsa. Microsoft Office cocok dipasang di PC atau laptop dan biasanya sudah otomatis dibeli lisensinya saat membeli laptop baru.

Berbeda dengan Microsoft 365 yang memberikan layanan berlangganan perbulan atau pertahun. Tidak seperti Microsoft Office yang saat dibeli hanya dapat menginstall 1 versi saja, Microsoft 365 memungkinkan pengguna meng-update versi paling mutakhir dari Office. Sederhananya, selagi pengguna membayar biaya berlangganan Microsoft 365 akan membuka akses Office ke versi yang terbaru kepada pengguna.

Magang: Millenia Ramadita

(brl/red)