5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data  

5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data  

Techno.id - Ada anggapan, kemunculan software cloud atau SaaS (Software as a Service) membuat penggunaan Microsoft Excel sebagai software sudah ketinggalan zaman. Tapi faktanya, sampai saat ini Excel yang menjadi bagian dari Microsoft Office masih tetap sebagai software popular yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan banyak orang.

Sampai saat ini Microsoft Excel kerap digunakan mahasiswa, pelajar, hingga pekerja untuk menyelesaikan tigas-tugas rutin mereka. Maklum, Microsoft Excel memiliki segudang fitur yang dapat mempermudah pekerjaan dalam pengelolaan data dan statistik. Berikut lima fitur popular Microsoft Excel.

1. Freeze Panes

5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data (Foto : Screen capture/dqlab.id)

Freeze Panes merupakan membekukan baris (row) atau kolom (column) dalam sebuah lembar kerja (spreadsheet). Fungsi fitur ini untuk membekukan baris dan kolom, tujuannya agar baris dan kolom tersebut dapat terus terlihat meski pengguna melakukan scroll secara vertikal atau horizontal.

Fitur ini juga dapat mempermudah kamu saat membandingkan baris data dari spreadsheet yang banyak dan panjang. Cara menggunakannya juga cukup mudah.

Pertama kamu pilih baris atau kolom yang ingin dibekukan. Lalu pilih tab View dan pilih Freeze Panes. Perhatikan di bagian bawah perintah Freeze Panes, kamu dapat memilih Freeze Top Row yang berfungsi untuk membekukan baris paling atas dan Freeze First Column untuk membekukan kolom paling kiri.

2. AutoSum

5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data (Foto: Screen capture/support.microsoft.com)

Fitur ini cukup sering digunakan. Fungsinya untuk mengumpulkan data dalam lembar kerja semisal jumlah penjualan produk. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pilih kolom di sebelah nomor yang ingin ditambahkan, lalu klik tombol AutoJumlah. Dari tab Beranda, tekan Enter. Untuk lebih praktis, kamu bisa menggunakan shortcut dengan cara mengklik Alt + =

Magang : Zadun Naja

(brl/red)