5 Fitur Microsoft Excel yang dapat mempermudah pekerjaan kamu mengolah data

(Foto : Unsplash/Windows)
Techno.id - Ada anggapan, kemunculan software cloud atau SaaS (Software as a Service) membuat penggunaan Microsoft Excel sebagai software sudah ketinggalan zaman. Tapi faktanya, sampai saat ini Excel yang menjadi bagian dari Microsoft Office masih tetap sebagai software popular yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan banyak orang.
Sampai saat ini Microsoft Excel kerap digunakan mahasiswa, pelajar, hingga pekerja untuk menyelesaikan tigas-tugas rutin mereka. Maklum, Microsoft Excel memiliki segudang fitur yang dapat mempermudah pekerjaan dalam pengelolaan data dan statistik. Berikut lima fitur popular Microsoft Excel.
- 15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya Banyak fitur tools, rumus, dan fungsi yang dapat digunakan.
- Macam-macam rumus Excel dan penjelasannya, bikin pekerjaanmu cepat beres Banyak orang mengandalkan rumus dalam Microsoft Excel untuk memaksimalkan produktivitas dan efisiensi pekerjaan mereka.
- Jarang diketahui, 7 fitur Microsoft Word ini bikin tugas cepat beres Selain untuk mengetik, Microsoft Word bisa jadi alat penterjemah loh~
1. Freeze Panes
Freeze Panes merupakan membekukan baris (row) atau kolom (column) dalam sebuah lembar kerja (spreadsheet). Fungsi fitur ini untuk membekukan baris dan kolom, tujuannya agar baris dan kolom tersebut dapat terus terlihat meski pengguna melakukan scroll secara vertikal atau horizontal.
Fitur ini juga dapat mempermudah kamu saat membandingkan baris data dari spreadsheet yang banyak dan panjang. Cara menggunakannya juga cukup mudah.
Pertama kamu pilih baris atau kolom yang ingin dibekukan. Lalu pilih tab “View” dan pilih “Freeze Panes”. Perhatikan di bagian bawah perintah Freeze Panes, kamu dapat memilih “Freeze Top Row” yang berfungsi untuk membekukan baris paling atas dan “Freeze First Column” untuk membekukan kolom paling kiri.
2. AutoSum
Fitur ini cukup sering digunakan. Fungsinya untuk mengumpulkan data dalam lembar kerja semisal jumlah penjualan produk. Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pilih kolom di sebelah nomor yang ingin ditambahkan, lalu klik tombol AutoJumlah. Dari tab Beranda, tekan Enter. Untuk lebih praktis, kamu bisa menggunakan shortcut dengan cara mengklik Alt + =
Magang : Zadun Naja
RECOMMENDED ARTICLE
- 15 Cara simpel gunakan Microsoft Excel saat bekerja, ini shortcutnya
- Cara membuat dan mengedit grafik di Microsoft Excel, tampilkan data angka dan tulisan jadi lebih mudah
- Tips menghapus data terduplikat di MS Excel 2016
- Ini cara mudah men-center-kan teks di sell MS Excel
- 14 Shortcut keyboard untuk permudah kinerja saat gunakan MS Excel
HOW TO
-
Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator terbaru di 2025
-
Cara record Zoom di laptop dan MacBook yang simpel dan mudah, sekaligus trik merangkum meeting pakai A
-
5 Langkah preventif merawat baterai HP di tengah musim pancaroba 2025, ternyata ini yang bikin rusak
-
Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone terbaru 2025, ini 5 langkah merawatnya
-
Cara menghentikan baterai laptop agar tidak terisi daya di atas 80% di Windows 11, ini alasannya
TECHPEDIA
-
Ini sejarah dan kegunaan teks viral "Lorem Ipsum" di tugu IKN, sudah ada sejak abad ke 16
-
Penjelasan mengapa port USB punya banyak warna, format terbaru di 2025 punya kecepatan 80 Gbps
-
10 Cara download gambar di Pinterest kualitas HD, cepat dan mudah dicoba
-
Cara download game PS2 dan PS3 di laptop dan HP, bisa main berdua
-
10 Fitur canggih iPhone 16E, bakal jadi HP Apple termurah di bawah Rp 10 juta?
LATEST ARTICLE
HOW TO Selengkapnya >
-
Cara menjalankan aplikasi dan game Windows di Android menggunakan Winlator terbaru di 2025
-
Cara record Zoom di laptop dan MacBook yang simpel dan mudah, sekaligus trik merangkum meeting pakai A
-
5 Langkah preventif merawat baterai HP di tengah musim pancaroba 2025, ternyata ini yang bikin rusak
-
Cara mengetahui dan memeriksa jumlah siklus baterai iPhone terbaru 2025, ini 5 langkah merawatnya