Cara mengubah PDF ke Word di laptop offline, cepat dan mudah dilakukan

Cara mengubah PDF ke Word di laptop offline, cepat dan mudah dilakukan

Techno.id - Dokumen merupakan sebuah file yang kini sudah menjadi kebutuhan hampir semua orang. Pasalnya, beragam data penting kini sudah disimpan dalam bentuk file. Hal ini dilakukan karena data yang disimpan dalam bentuk file cenderung lebih aman dan tentunya mudah diakses oleh banyak perangkat.

Terdapat beberapa jenis file yang eksis sejak dulu hingga kini. Ada beberapa jenis file yang masih biasa digunakan seperti PDF dan Word.File tersebut pada dasarnya lebih sering berisikan berbagai data. Baik PDF maupun Word, keduanya tentu memiliki karakteristik masing-masing.

Meski memiliki perbedaan, kedua file format file tersebut ternyata bisa ditukar. File PDF bisa diubah ke dalam Word, begitu juga sebaliknya. Mengubah PDF ke Word atau sebaliknya, ada cara yang bisa dilakukan tanpa memerlukan kuota internet. Cara ini tentu bisa dilakukan dengan cepat dan mudah dalam beberapa kondisi tertentu khususnya saat mengalami gangguan jaringan.

Berkenaan dengan pembahasan tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (2/11), Cara mengubah PDF ke Word di laptop offline.

Cara mengubah PDF ke Word di laptop offline

Cara mengubah PDF ke Word di laptop offline, cepat dan mudah dilakukan

foto: unsplash.com

Mengubah file PDF menjadi Word setidaknya ada tiga cara yang bisa kamu lakukan. Setiap cara yang ada tentu memiliki perbedaan. Namun setiap cara yang ada bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan. Sesuai judulnya, kamu bisa simak penjelasan berikut untuk mulai mengubah PDF yang kamu miliki ke dalam Word tanpa menggunakan bantuan internet.

1. Mengubah PDF ke Word di laptop melalui Microsoft Word

Cara pertama untuk mengubah PDF ke Word ini mungkin sudah tidak asing oleh sebagian orang. Cara ini termasuk sangat mudah untuk ditiru. Hanya dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word kamu sudah bisa mengubah format file dengan mudah. Agar bisa mengubah file PDF ke dalam Word, kamu perlu cari file yang diinginkan, kemudian klik kanan lalu pilih open with Microsoft Word. Secara otomatis Microsoft Word yang ada di laptop kamu akan mengubah file PDF yang ada.

2. Mengubah PDF ke Word di laptop melalui Adobe Acrobat PRO

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengubah PDF ke Word adalah melalui Adobe Acrobat PRO. Pada beberapa laptop, biasanya aplikasi satu ini sudah terinstal saat pertama kali membeli perangkat tersebut. Untuk mengubah file PDF ke Word, kamu hanya perlu buka aplikasi Adobe Acrobat PRO kemudian pilih file yang ingin diubah ke Word. Jika sudah memilih, klik File, Export To > Microsoft Word > Word Document kemudian pilih lokasi penyimpanan dan terakhir klik Save.

3. Mengubah PDF ke Word di laptop melalui UniPDF

Pada dasarnya cara nomor tiga ini hampir sama dengan yang sebelumnya. Hanya saja aplikasi yang digunakan memiliki perbedaan. Meski proses pengubahan file PDF ke Word termasuk gratis, namun kamu perlu menginstal aplikasi ini terlebih dahulu. Jika prose instal sudah selesai, kamu bisa simak penjelasan berikut.

1. Buka UniPDF yang telah didownload sebelumnya.
2. Klik Add di bagian bawah dan pilih file PDF yang ingin dijadikan Word.
3. Pada bagian Output Format, pilih opsi Word.
4. Setelah file yang ingin diubah terpilih, klik Convert dan tentukan lokasi tempat file Word akan disimpan. Tunggu hingga prosesnya selesai.


(brl/guf)