CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 31 Maret 2016 17:46

Sapphire Lifestyle permudah e-commerce gaet mobile online shopper

Ada empat manfaat yang diusung oleh platform bikinan Indivara Group ini.

Sapphire Lifestyle permudah e-commerce gaet mobile online shopper

Techno.id - Studi yang dilakukan Google mengungkap, 62 persen pengguna di Indonesia hanya menggunakan smartphone dan tidak ada perangkat lain untuk mengakses Internet. Kondisi ini mengantarkan Indonesia menjadi salah satu negara teratas di dunia pengakses Internet via smartphone.

Penggunaan smartphone jadi perangkat tunggal dalam mengakses internet mempengaruhi aktivitas belanja yang biasa dilakukan masyarakat. Sekarang orang Indonesia sudah mulai terbiasa melakukan belanja secara online menggunakan smartphone.

Perkembangan tren tersebut memaksa pelaku e-commerce harus mengoptimalisasi seluruh jalur penjualannya agar tetap nyaman ketika pelanggannya mengakses lewat perangkat mobile, baik tablet, notebook maupun smartphone.

Kendala yang biasanya dihadapi oleh pelaku e-commerce untuk mengadopsi tren teknologi ini adalah biasanya pemilik toko online tidak memiliki website yang teroptimasi untuk bisa tampil di perangkat mobile. Masih kurangnya pengetahuan akan aplikasi mobile yang dibutuhkan untuk dapat mendukung bisnis mereka juga ikut mempengaruhi bisnis e-commerce.

Platform digital bernama Sapphire Lifestyle Platform muncul untuk menjawab tantangan pasar bagi para pelaku e-commerce di Indonesia. Platform ini diklaim akan membangun keterikatan antara pelanggan dengan bisnis para penggunanya.

"Sapphire adalah platform 'white label' berbasis 'cloud'yang dikembangkan khusus untuk mengadopsi tren yang berkembang di industry e-commerce baik saat ini maupun masa depan. Fokus untuk membangun keterikatan antara pelanggan dengan bisnis anda," kata Khristianto Herwahyudi, VP Product dari Indivara Group selaku penyedia Sapphire.

Sapphire dilengkapi dengan 4 fitur utama. Pertama, fitur interaksi yang memungkinkan retailer untuk mempersonalisasi aplikasi sesuai dengan target market atau pelanggannya sehingga pengguna akan lebih merasakan keterikatan secara emosional dengan produk atau jasa retailer melalui aplikasi tersebut.

Fitur kedua ialah e-commerce, fitur ini seperti namanya adalah fitur e-commerce yang diklaim sangat kaya. Retailer bisa memasarkan product dengan konten yang mudah untuk dipersonalisasi, sekaligus juga meningkatkan interaksi dengan pelanggan/pengguna aplikasi dengan fasilitas 'fast checkout'. Fitur ini memberikan pengalaman yang sama bagi pengguna meskipun diakses dari perangkat mobile yang berbeda.

Ketiga merupakan loyalty, fitur ini memberikan kemampuan bagi retailer untuk membuat program-program yang menarik bagi pelanggan sebagai bagian dari strategi pemasaran guna meningkatkan loyalitas mereka terhadap produk atau pun layanan dari retailer.

Terakhir, fitur analytics yang mengintegrasikan bukan hanya data tetapi 'Big Data' dari para pelanggan untuk kemudian tersaji dalam bentuk laporan 'analytics ready' di dalam satu tampilan interaktif yang dapat anda definisikan sendiri sesuai dengan keunikan dan kebutuhan dari bisnis anda.

 

Selain itu, platform ini juga terintegrasi dengan platform 'Blue' payment gateway dan 'Violet' micro payment sehingga membuat anda dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan saat bertransaksi melalui Sapphire platform.

"Bagi yang ingin merasakan langsung bagaimana kemampuan dari platform ini, Sapphire akan hadir dalam acara yang digelar oleh asosiasi e-commerce Indonesia di akhir April nanti”, kata Ketut Adi Yogiswara Marketing Communication and PR Manager Indivara Group.

WHAT TO READ NEXT ?