CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 31 Maret 2016 16:00

TrueMoney, uang elektronik syariah pertama di Indonesia

MUI pun mengklaim layanan ini sudah lolos kajiannya.

TrueMoney, uang elektronik syariah pertama di Indonesia

Techno.id - Penggunaan internet yang semakin luas di Tanah Air secara otomatis turut mendorong penggunaan uang digital dalam transaksi modern. Beragam vendor sudah menyediakan layanan ini, contohnya T-Cash milik Telkomsel atau XL Tunai dari XL Axiata. Namun, ada celah yang dimiliki belasan layanan tersebut, yakni belum ada yang beroperasi berlandaskan syariah.

TrueMoney Witami pun muncul sebagai layanan uang elektronik syariah pertama di Indonesia. Beroperasi di bawah bendera PT. Witami Tunai Mandiri, TrueMoney telah mendapatkan pengakuan resmi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Setelah dikaji, sudah tidak ada masalah di kesyariahan di TrueMoney ini, tapi harus terus terus menjaga unsur kehati-hatian," kata Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin, seperti dilansir oleh Antara (28/03/16). Di sisi lain, izin operasi TrueMoney juga sudah diberikan oleh Bank Indonesia selaku pemegang regulasi aktivitas e-money.

Tampilan situs truemoney.co.id
© 2016 truemoney.co.id/truemoney.co.id

 

Mengutip dari situs resminya TrueMoney.co.id, ada beragam layanan yang ditawarkan untuk Anda. Beberaoa di antaranya adalah isi ulang pulsa, pembayaran listrik, booking tiket dan kamar hotel, serta tarik tunai dan transfer. Layanan yang diklaim bebas admin bulanan ini bisa dijangkau baik lewat SMS, aplikasi Android dan iOS, Electronic Data Capture (EDC), juga website.

Komisaris PT Witami Tunai Mandiri, Habib Helmi Baharum, mengatakan ke depannya mereka siap mewadahi fasilitas pembayaran di lingkungan komunitas Muslim di Indonesia, misalnya di pondok pesantren atau masjid dan koperasi syariah. Tak cuma itu, TrueMoney pun bakal menjadi sarana layanan keuangan digital (LKD) untuk produk-produk bersertifikasi halal dari MUI.

WHAT TO READ NEXT ?