Masyarakat Manado sekarang bisa nikmati layanan 4G LTE

Masyarakat Manado sekarang bisa nikmati layanan 4G LTE

Techno.id - Layanan telekomunikasi kencang 4G LTE (long term evolution) kini telah tersedia di Manado, Sulawesi Utara. Telkomsel jadi operator yang pertama menyediakan layanan telekomunikasi berbasis teknologi generasi keempat tersebut di Manado.

Manado merupakan kota ke delapan tempat beroperasinya layanan tersebut setelah Jakarta, Bali, Bandung, Medan, Surabaya, Makassar, dan Lombok. Kota ini juga jadi kota ketiga digelarnya layanan Tekomsel 4G LTE di frekuensi 1800 MHz secara komersial menggunakan pita selebar 10 MHz.

Peresmian layanan Telkomsel 4G LTE di Manado dilakukan oleh Direktur Utama Telkomsel dan Walikota Manado Vicky Lumentut di Manado Town Square. Telkomsel mengklaim kecepatan layanan data berbasis LTE di Manado bisa mencapai 75 Mbps yang bakalan akan meningkatkan kepuasan pelanggan dalam menggunakan layanan internet.

Manado sendiri dipilih mendapat layanan 4G LTE dari Telkomsel karena pertumbuhan penggunaan layanan datanya meningkat signifikan. Angka peningkatan konsumsi data di Telkomsel selama semester I 2015 yakni sebesar 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun jumlah pelanggan data di Manado saat ini berjumlah sekitar 45 persen dari total pelanggan di kota tersebut. Saat ini pun sudah terdapat sekitar 30 ribu pelanggan Telkomsel yang menggunakan ponsel pintar yang mendukung teknologi 4G.

"Peresmian layanan 4G LTE di Manado merupakan bentuk komitmen kami di dalam membangun Indonesia Timur melalui teknologi terkini. Manado merupakan salah satu kota di Indonesia Timur yang mengalami peningkatan konsumsi penggunaan layanan data dan untuk itu kami menjawabnya dengan layanan 4G LTE yang dapat diandalkan, kata Ririek Adriansyah, Direktur Utama Telkomsel.

(brl/red)