Hanya Vinyl yang bertahan di tengah terjangan musik streming

Hanya Vinyl yang bertahan di tengah terjangan musik streming

Techno.id - Sebuah asosiasi industri rekaman di AS, merilis sebuah laporan tahunannya. Dilansir oleh Tech Insider, laporan tersebut mengatakan jika tahun 2015 adalah tahun di mana musik streaming mengambil alih distribusi musik.

Namun yang menarik adalah, pada laporan tersebut dilaporkan juga jika penjualan musik dengan platform vinyl atau piringan hitam mencapai penjualan tertinggi dalam waktu 30 tahun. Penjualan musik dalam bentuk Vinyl inimemecahkan rekor penjualan tertinggi pada tahun 1988 dan naik 32 persen dari penjualan tahun 2014.

Konsep penjualan musik menggunakan konsep vinyl memang cara lama, jika dibandingkan dengan media fisik seperi CD, karena vinyl adalah teknologi yang tertinggal. Namun anehnya, penjualan CD selalu menurun dari tahun ke tahun karena terjangan musik streaming via internet.

Ini artinya, vinyl telah menjadi kebangkitan besar yang besar dalam penjualan musik dengan media fisik, laporan ini menyebutkan pada tahun 2015 yang lalu ada 17 juta album musik dengan media vinyl terjual. Nah, jika Anda menilai musik dengan media fisik sudah mati karena terjangan tren internet, itu ada benarnya, namun tidak untuk musik yang berkonsep vinyl. Bagaimana pendapat Anda?

(brl/red)