Garap smart card Trans Metro Bandung, Telkom gandeng pabrikan Jepang

Garap smart card Trans Metro Bandung, Telkom gandeng pabrikan Jepang

Techno.id - Dipercaya untuk menggarap pengadaan smart card layanan transportasi Trans Metro Bandung (TMB), PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dikabarkan bakal menggandeng perusahaan teknologi asal Jepang, Sony Felica. Kerja sama ini, menurut Indra Utoyo Direktur Inovation & Strategic Portofolio Telkom nantinya akan fokus pada implementasi teknologi Near Field Communication (NFC) di smart card TMB.

Seperti dilansir oleh Antara (15/10/15), sistem layanan NFC yang bakal diterapkan ini juga akan melibatkan pemerintah Kota Bandung sebagai otoritas yang memiliki kebijakan dalam pengembangan transportasi massal TMB di kota tersebut.

"Ini akan menjadi proyek sistem NFC pertama di Indonesia. Ya, nantinya penumpang TMB akan seperti penumpang commuter line di Jakarta," ujar Indra.

Suprayitno Project Director IPTS PT Telkom mengungkapkan, untuk mengawali program kerja sama ini akan ada 2000 smart card yang diluncurkan mulai bulan November. Ke-2000 smart card tersebut nantinya bisa digunakan di lebih dari 10 armada TMB yang bakal melayani kebutuhan transportasi warga Bandung.

Suprayitno juga menambahkan, proyek smart card ini nantinya juga diharapkan dapat mendukung program Bank Indonesia dalam menggalakkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Menurutnya, dengan penggunaan smart card ini maka penggunaan non tunai yang baru mencapai angka 20 persen dari peredaran uang Rp2,7 triliun dapat ditingkatkan.

Sementara itu, Senior General Manager Felica Business Division Sony Corporation Kazuyuki Sakamoto menegaskan jika teknologi NFC yang digunakan pada smart card TMB itu memiliki tingkat keamanan yang sangat baik karena dibekali teknologi NF dan IC Chip nirkontak yang dikembangkan oleh Sony.

"Smart card hanya bisa digunakan oleh pemiliknya saja, bila jatuh atau hilang tidak akan bisa digunakan oleh selain pemiliknya karena kartu bersifat personal," jelas Sakamoto.

(brl/red)