Cara mentransfer obrolan antar ponsel di WhatsApp menggunakan kode QR

Cara mentransfer obrolan antar ponsel di WhatsApp menggunakan kode QR

Techno.id - WhatsApp kembali meluncurkan fitur baru yang lebih cepat dan lebih privat untuk mentransfer riwayat obrolan di antara dua perangkat. Cara ini bisa dilakukan ketika kamu ingin memindahkan data obrolan termasuk file media dari perangkat lama ke perangkat baru.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna menyimpan riwayat obrolan dan media mereka secara lengkap tanpa harus keluar dari aplikasi. Selama ini WhatsApp sudah memungkinkan pengguna mentransfer data antar perangkat, termasuk dari Android ke iPhone atau sebaliknya.

Perlu dicatat bahwa metode baru berbasis QR ini hanya berfungsi untuk perangkat yang menjalankan sistem operasi yang sama. Untuk menjalankan fitur ini, pengguna harus mencadangkan data mereka di cloud dan kemudian menggunakan cadangan cloud untuk memindahkan data di antara perangkat dengan sistem operasi yang sama (baik iOS maupun Android).

Cara mentransfer obrolan antar ponsel di WhatsApp menggunakan kode QR foto: freepik.com

Metode baru ini hanya memerlukan pemindaian kode QR untuk mentransfer obrolan. Selain itu, metode ini juga memungkinkan pengguna mentransfer file media besar dan lampiran tanpa harus mencadangkan dan memulihkannya.

WhatsApp mengklaim metode baru ini lebih aman daripada menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi yang tidak memiliki praktik privasi yang jelas. Cara ini juga lebih privat daripada layanan cloud. Proses transfer diautentikasi dengan kode QR, data hanya dibagi antara dua perangkat dan sepenuhnya dienkripsi selama transfer.

(brl/red)