WhatsApp sedang mengerjakan layanan berbagi file seperti AirDrop Apple atau QuickShare Samsung

WhatsApp sedang mengerjakan layanan berbagi file seperti AirDrop Apple atau QuickShare Samsung

Techno.id - Bagi pengguna iPhone, untuk berbagi file bisa menggunakan fitur AirDrop. Sementara mereka pengguna smartphone Samsung,dapat menggunakan fitur QuickShare.

Nah kabarnya, WhatsApp juga bakal meluncurkan fitur serupa. Aplikasi perpesanan popular ini dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi file dengan orang-orang terdekat melalui WiFi.

Tampaknya opsi baru di WhatsApp versi beta ini sekarang hanya untuk untuk penguji. Namun menurut WABetaInfo, fitur ini akan segera tersedia untuk semua orang.

Berdasarkan bocoran tangkapan layar WABetaInfo, fitur baru tersebut perlu diaktifkan untuk mengirim atau menerima file. Kemudian, pengguna dapat mengonfirmasi berbagi dengan menggoyangkan ponsel, mirip dengan cara membatalkan kesalahan pengetikan di iPhone.

WhatsApp sedang mengerjakan layanan berbagi file seperti AirDrop Apple atau QuickShare Samsung foto: wabetainfo

Seluruh proses akan dienkripsi ujung ke ujung (end to end), artinya orang lain termasuk WhatsApp tidak akan dapat mengintip file yang dibagikan pengguna.

Pembaruan besar di sini adalah kemampuan untuk berbagi file secara cepat, termasuk dengan orang-orang yang tidak ada dalam kontak pengguna, tanpa harus mengungkapkan nomor telepon kamu. Karena hampir semua orang menggunakan WhatsApp, itu juga bagus untuk mengirim sesuatu antara iPhone dan Android tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga.

Namun, pemilik WhatsApp, Meta, harus memastikan fitur baru ini memiliki kontrol ketat sebelum peluncuran resminya. Hal ini belajar dari Apple yang mendapat kecaman di masa lalu atas penggunaan AirDrop untuk mengirim foto berbau pornografi yang tidak diminta. Tahun lalu, Apple membatasi jumlah waktu pengguna dapat menerima file dari non-kontak hingga 10 menit. Secara default, AirDrop dibatasi untuk berbagi file dengan kontak pengguna, tetapi sebelumnya mudah digunakan dengan siapa pun.

(brl/red)