5 Perbandingan Whatsapp dan Telegram, mana lebih unggul?

5 Perbandingan Whatsapp dan Telegram, mana lebih unggul?

Techno.id - Aplikasi pesan instan menjadi salah satu sarana komunikasi paling popular di seluruh dunia. WhatsApp dan Telegram adalah dua platform yang mendominasi pasar dengan jutaan pengguna setiap harinya.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memfasilitasi komunikasi, terdapat beberapa perbedaan signifikan antara keduanya. Dengan memahami karakteristik unik dari masing-masing aplikasi, pengguna dapat membuat keputusan yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Dalam artikel ini, Techno.id akan mengeksplorasi 5 perbedaan utama antara WhatsApp dan Telegram untuk membantu kamu memilih aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan, Kamis (04/01).

1. Keamanan dan enkripsi

WhatsApp: Menawarkan end-to-end encryption pada semua pesan, menjadikannya salah satu aplikasi pesan teraman.

Telegram: Meskipun Telegram menawarkan enkripsi end-to-end opsional dalam obrolan rahasia, namun enkripsi ini tidak diaktifkan secara default untuk obrolan biasa. Beberapa orang mengkritik kebijakan privasi Telegram yang kurang ketat dibanding WhatsApp.

2. Ukuran berkas dan media

WhatsApp: Awalnya WhatsApp memiliki batasan ukuran berkas yang lebih kecil untuk mengirimkan foto, video, dan dokumen. Ini dapat menjadi keuntungan dalam hal pengelolaan penyimpanan perangkat. Namun kini WhatsApp juga bisa mengirim file dalam ukuran aslinya atau berkualitas HD. Awalnya batas ukuran file dokumen yang bisa dikirim sebesar 100MB, tapi sekarang kamu dapat mengirim file besar hingga 2 GB dalam sekali pengiriman.

Telegram: Dikenal dengan kemampuannya mengirimkan berkas hingga 2 GB, menjadikannya pilihan yang lebih baik bagi pengguna yang sering mengirimkan konten berkualitas tinggi atau berukuran besar.

5 Perbandingan Whatsapp dan Telegram, mana lebih unggul? foto: freepik/juanroballo

3.Grup dan saluran

WhatsApp: Batasan anggota grup pada WhatsApp adalah 512 pengguna. Kini WhatsApp juga memiliki fitur saluran.

Telegram: Memungkinkan hingga 200.000 anggota di grup dan juga menyediakan fitur saluran yang memungkinkan pengguna menyebarkan konten kepada jumlah anggota yang tidak terbatas.

4. Platform dan ketersediaan fitur

WhatsApp: Lebih fokus pada penggunaan pribadi dan bisnis. Menyediakan panggilan suara dan video, serta fitur konferensi video hingga 32 orang dalam obrolan group, selebihnya hanya bisa untuk panggilan suara.

Telegram: Dirancang untuk fleksibilitas, lebih berfokus pada komunitas dan kelompok. Menyediakan panggilan suara dan video, serta konferensi video hingga 30 orang.

5 Perbandingan Whatsapp dan Telegram, mana lebih unggul? foto: freepik/user22680353

5. Sumber terbuka

WhatsApp: Merupakan aplikasi yang bersifat propietary karena aplikasi ini satu gabungan dengan kelompok aplikasi lain di Meta yang bukan merupakan sumber terbuka dan dimiliki Facebook.

Telegram: Merupakan aplikasi sumber terbuka, memberikan fleksibilitas dan transparansi dalam pengembangan, meskipun hal ini juga dapat menimbulkan beberapa kekhawatiran keamanan.

Kesimpulannya, baik WhatsApp maupun Telegram memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihan terbaik tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Jika keamanan dan enkripsi menjadi prioritas utama, WhatsApp mungkin lebih diinginkan. Namun, jika kamu mencari fleksibilitas dan fitur khusus, Telegram bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)