WhatsApp menghabiskan terlalu banyak penyimpanan ponsel? Begini cara mengosongkan ruang

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak penyimpanan ponsel? Begini cara mengosongkan ruang

Techno.id - WhatsApp menjadi sarana komunikasi online yang penting. Sistem kontak berbasis nomor teleponnya telah menjadi pengganti yang baik untuk SMS. Tapi berapa banyak ruang yang tersedia hanya untuk WhatsApp? Mengapa WhatsApp memakan banyak ruang, dan apa sebenarnya yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya? Inilah cara membuat WhatsApp menggunakan lebih sedikit penyimpanan di ponsel cerdas kamu.

1. Nonaktifkan unduhan otomatis

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak penyimpanan ponsel? Begini cara mengosongkan ruang foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Saat pertama kali menginstal WhatsApp, pengaturan defaultnya diatur untuk mengunduh media secara otomatis saat kamu terhubung ke Wi-Fi. Media ini benar-benar dapat menyumbat ponsel, terutama jika kamu menggunakan obrolan grup yang besar dan aktif.

Jadi, hal pencegahan pertama yang harus kamu lakukan adalah mematikan unduhan otomatis. Berikut cara melakukannya di iPhone.

1. Buka WhatsApp dan ketuk profil kamu di pojok kanan bawah menu.

2. Ketuk Penyimpanan dan Data, lalu gulir ke bagian Pengunduhan Otomatis Media.

3. Ketuk setiap baris jenis media dan pilih Tidak pernah.

4. Opsional, kamu dapat memilih Wi-Fi hanya untuk audio.

Untuk melakukannya di ponsel Android, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka WhatsApp dan ketuk tiga titik di pojok kanan atas.

2. Pilih Pengaturan, pilih Penyimpanan dan data, dan gulir ke bagian pengunduhan otomatis Media.

3. Ketuk Saat menggunakan data selular dan matikan semua jenis media.

4. Ketuk Saat terhubung ke Wi-Fi dan matikan jenis media yang kamu inginkan.

Cara ini juga menjadi salah satu tips utama untuk menyimpan data di WhatsApp. Sekarang, kamu dapat memilih dengan tepat apa yang ingin kamu unduh.

2. Hapus file media WhatsApp

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak penyimpanan ponsel? Begini cara mengosongkan ruang foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Setelah menonaktifkan unduhan otomatis, hal berikutnya yang harus kamu lakukan adalah menemukan file media yang tidak kamu perlukan dan menghapusnya. Jika kamu menyimpan foto dan video ke galeri ponsel, kamu dapat menghapusnya langsung dari sana. Namun akan lebih mudah jika kamu mengelola media dalam aplikasi WhatsApp.

WhatsApp memiliki pengelola media yang menampilkan berapa banyak ruang yang digunakan WhatsApp dibandingkan aplikasi lain di ponsel kamu. Itu juga mengatur obrolan dan media sesuai dengan seberapa banyak ruang yang mereka gunakan. Berikut cara menggunakannya.

1. Di pengaturan WhatsApp, buka Penyimpanan dan Data, lalu pilih Kelola Penyimpanan.

2. Gunakan bagian Tinjau dan Hapus Item untuk melihat file media yang lebih besar dari 5 MB. Pilih dan hapus yang tidak lagi kamu perlukan.

3. Kembali ke Kelola Penyimpanan.

4. Gulir ke bagian Obrolan dan Saluran, dan kamu akan melihat semua obrolan kamu diurutkan berdasarkan berapa banyak ruang yang digunakan.

5. Ketuk salah satu obrolan, dan kamu dapat secara khusus menghapus file media berdasarkan obrolan demi obrolan.

Halaman kelola penyimpanan ini sama baik iPhone dan ponsel Android.

3. Aktifkan pesan yang hilang

WhatsApp menghabiskan terlalu banyak penyimpanan ponsel? Begini cara mengosongkan ruang foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Meta memperkenalkan pesan yang menghilang ke WhatsApp pada tahun 2020 dan memperluas fitur tersebut untuk memungkinkan pengguna mengaktifkannya secara default untuk semua atau obrolan tertentu. Tetapi fitur ini tidak hanya berguna untuk alasan privasi, tetapi juga cara yang bagus untuk mengelola ruang.

Kamu akan menemukan opsi untuk mengaktifkan pesan yang hilang di bagian Kelola Penyimpanan di pengaturan WhatsApp. Kamu dapat menemukannya dengan mengetuk Profil > Penyimpanan dan Data di iPhone atau Pengaturan > Penyimpanan dan Data di ponsel Android.

Ketuk Aktifkan Pesan Menghilang dan pilih Pengatur Waktu Pesan Default untuk mengatur hitungan mundur default kapan pesan yang kamu kirim dan terima akan hilang. Jika kamu ingin lebih selektif, ketuk Terapkan Pengatur Waktu ke Obrolan untuk memilih obrolan mana yang ingin kamu gunakan untuk menghapus pesan. Setelah itu, semua obrolan kamu mulai dari saat mengaktifkan fitur ini akan otomatis terhapus setelah waktu yang ditentukan.

(brl/red)