Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja

Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja

Techno.id - Penelitian yang dilakukan Ofcom, lembaga yang mengatur mengenai telekomunikasi di Inggris baru-baru ini menyebutkan TikTok kini menjadi sumber berita paling popular bagi remaja di Inggris. Seperti dilansir news.sky.com, regulator media tersebut menemukan fakta bahwa aplikasi berbagi video ini digunakan 28% remaja berusia 12 hingga 15 tahun untuk mencari tahu tentang isu-isu terkini. Ini merupakan proporsi yang lebih tinggi dibanding platform lain.

Sementara YouTube dan Instagram berada di urutan kedua, di mana digunakan 25% dari mereka yang berada di kelompok usia tersebut untuk tujuan yang sama.

Laporan ini muncul ketika internet semakin menggantikan media cetak tradisional sebagai sumber berita di kalangan masyarakat umum. Sekitar 68% orang dewasa di Inggris sekarang menggunakan sumber online untuk mendapatkan berita, dan hanya 26% untuk koran fisik.

Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja foto: unsplash/shingi rice

Sedangkan TV tetap menjadi platform yang paling popular, dengan 70% orang dewasa menonton untuk mencari tahu tentang peristiwa terkini. Nic Newman, peneliti senior di Reuters Institute for the Study of Journalism, mengatakan meskipun TikTok sering kali dilihat sebagai platform untuk topik-topik yang ringan daripada berita-berita serius, namun peristiwa seperti pandemi COVID-19 telah mengubah persepsi tersebut.

Menurutnya COVID-19 merupakan perubahan besar karena orang-orang berada di rumah dan mereka membicarakan COVID-19 di TikTok. Itu adalah kasus berita yang sangat serius yang dibawa di TikTok. Meski berita selebriti tetap menjadi fokus perhatian anak muda, tetapi berita serius juga kini mendapatkan tempat di kalangan mereka.

(brl/red)