TikTok bakal memiliki generator musik sendiri berbasis AI, kamu bisa mendadak jadi musisi

TikTok bakal memiliki generator musik sendiri berbasis AI, kamu bisa mendadak jadi musisi

Techno.id - ByteDance, perusahaan induk TikTok sedang menyiapkan aplikasi baru bernama Ripple. Nah nantinya dengan diluncurkannya aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) ini menandakan ByteDance mulai masuk ke ranah kreasi musik melalui bantuan AI.

Saat ini, Ripple masih dalam tahap embrio dan sedang diuji coba melalui program beta tertutup. Aplikasi ini diposisikan untuk meniru fungsionalitas Digital Audio Workstation (DAW). Bedanya Ripple lebih sederhana dan efisien.

Antarmuka pengguna Ripple sangat mudah. Bayangkan kamu bersenandung di depan mikrofon ponsel, kemudian senandung tersebut akan berubah menjadi lagu yang dipoles lengkap dengan instrumental yang dibuat oleh AI, termasuk drum, gitar, dan bass.

Durasi lagu secara langsung disesuaikan dengan panjang senandung pengguna. Misalkan kamu bersenandung simfoni, maka akan mendapatkan lagu simfoni. Begitu juga jika bersenandung cuplikan maka akan menjadi lagu cuplikan.

TikTok bakal memiliki generator musik sendiri berbasis AI, kamu bisa mendadak jadi musisi foto: freepik.com

Meski begitu Ripple akan tetap mempertahankan batas-batas tertentu. Meskipun dapat menghasilkan musik instrumental, aplikasi ini akan tetap membiarkan orisinalitas suara vokal kamu. Kerja AI hanya menciptakan musik yang disesuaikan dengan vokal kamu.

Jadi pada dasarnya, Ripple dapat menjadi alat bagi pengguna yang mungkin tidak memiliki keterampilan instrumental, tetapi memiliki hasrat yang membara untuk menciptakan musik orisinal.

Lebih dari sekadar membuat lagu, Ripple juga menawarkan studio rekaman virtual di mana pengguna dapat menyempurnakan kreasi musik mereka. Misalnya saja kamu dapat memotong dan memindahkan file audio. Fungsi AI secara efektif membuat lagu dari bahan mentah yang kamu punya.

TikTok bakal memiliki generator musik sendiri berbasis AI, kamu bisa mendadak jadi musisi foto: freepik.com/luisanm

Sifat eksklusif dari musik yang digunakan untuk melatih Ripple adalah langkah strategis yang dilakukan ByteDance. Menariknya ByteDance telah membuat data pelatihan sendiri atau mendapatkan lisensi yang diperlukan. Hal ini untuk memastikan mereka tidak tersandung hak cipta.

Nantinya Ripple tidak akan berdiri sendiri tetapi secara intrinsik terkait dengan TikTok. Hal ini memungkinkan pengguna mengimpor lagu ciptaan mereka yang dibuat Ripple untuk digunakan sebagai musik latar pada platform berbagi video tersebut.

Ripple mewujudkan penggabungan musik, teknologi, dan kreativitas, yang menawarkan pengguna sebuah platform yang belum pernah ada sebelumnya untuk eksplorasi dan kreasi musik. Interkoneksi tanpa batas dengan TikTok juga dapat menandai era baru musik yang dibuat pengguna di dunia media sosial.

(brl/red)