TikTok Music digadang-gadang bakal menandingi Spotify dan Apple Music

TikTok Music digadang-gadang bakal menandingi Spotify dan Apple Music

Techno.id - Apple Music dan Spotify saat ini memegang tampuk kepemimpinan di sektor streaming music. Nah kedua platform ini mendapat saingan baru, TikTok Music. Di Indonesia,TikTok Music resmi diluncurkan pada 6 Juli 2023 lalu.

Mirip dengan layanan sejenis, TikTok Music memungkinkan pengguna mengakses katalog lagu yang luas, menawarkan kemudahan untuk menambahkan lagu ke perpustakaan pribadi mereka. Awalnya,TikTok membentuk aliansi dengan label rekaman besar termasuk Universal Music Group, Warner Music Group, dan Sony Music.

TikTok Music digadang-gadang bakal menandingi Spotify dan Apple Music foto: unsplash/solen feyissa

Namun, TikTok Music membedakan dirinya dengan memanfaatkan kekuatan uniknya, popularitas di kalangan demografi yang lebih muda. Untuk melayani audiens ini, TikTok Music mengintegrasikan elemen personalisasi dan interaksi sosial.

Aplikasi ini mengkurasi rekomendasi lagu berdasarkan preferensi dan tren pengguna di video TikTok. Fitur-fitur seperti daftar putar kolaboratif, opsi untuk mengimpor perpustakaan musik dari platform lain, dan kemampuan untuk menemukan lagu dengan mencari liriknya, semuanya menambah daya tarik platform streaming musik baru ini.

(brl/red)