5 Cara dapat cuan dari TikTok, dari menjual merchandise sampai memanfaatkan creator marketplace

5 Cara dapat cuan dari TikTok, dari menjual merchandise sampai memanfaatkan creator marketplace

Techno.id - Aplikasi berbagi video pendek TikTok yang diluncurkan secara internasional pada 2017 silam, saat ini telah menjadi salah satu platform media sosial paling popular, khususnya di kalangan Gen-Z. Bahkan TikTok menjadi suatu kekuatan yang berkembang pesat dari tahun ke tahun, dan diperkirakan akan mencapai dua miliar pengguna pada 2024.

Aplikasi video berdurasi pendek ini telah menarik basis pengguna Gen Z yang cukup besar. Saat ini TikTok bukan hanya sekadar aplikasi hiburan tetapi juga menjadi salah satu sumber cuan bagi para kreator. Mereka memanfaatkan TikTok.

Siapa pun bisa menghasilkan uang dari TikTok dengan alat yang tepat dan strategi yang efektif. Banyak cara bisa dilakukan agar TikTok menjadi sumber pendapatan mulai dari kerjasama dengan sponsor, penjualan produk, hingga menerima tip virtual.

Pengguna TikTok juga bisa mempromosikan produk melalui tautan afiliasi untuk mendapatkan bayaran langsung dari brand. Berikut beberapa cara untuk menghasilkan cuan melalui TikTok yang berhasil dirangkum techno.id dari berbagai sumber.

1. Menjual merchandise dan produk

5 Cara dapat cuan dari TikTok, dari menjual merchandise sampai memanfaatkan creator marketplace foto: techno.id/yani andriyansyah

Banyak kreator memanfaatkan TikTok untuk menjual merchandise kepada para pengikut setia mereka. Dengan menjual merchandise, kreator dan pengikutnya akan memiliki hubungan yang lebih erat. Selain itu ketika setiap pengikut yang memakai merchandise kreator, itu sama saja sebagai bentuk pemasaran.

2. Siaran langsung dan kumpulkan hadiah virtual

5 Cara dapat cuan dari TikTok, dari menjual merchandise sampai memanfaatkan creator marketplace foto: freepik.com/dcstudio

Live Gifting adalah salah satu fitur TikTok yang paling berguna bagi para kreator yang ingin memonetisasi konten mereka melalui siaran langsung. Sebagian besar jejaring sosial memiliki fitur streaming langsung, tetapi yang membuat TikTok unik adalah bahwa aplikasi ini memungkinkan pengikut menunjukkan apresiasi mereka secara real time dengan mengirimkan hadiah virtual, yang dapat ditukarkan dengan pembayaran.

(brl/red)