Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja

Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja

TikTok sumber berita

TikTok semakin popular

Bahkan sebuah penelitian terpisah baru-baru ini juga menyebutkan bahwa TikTok semakin popular sebagai sumber berita di kalangan anak muda di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Di semua kelompok usia, Facebook terus menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan untuk mengakses berita. Namun, Facebook menunjukkan tanda-tanda penurunan setelah hanya menjangkau 30% orang dewasa pada tahun lalu, turun dari 35% pada tahun 2019.

Sebaliknya, TikTok mengalami peningkatan popularitas yang signifikan sebagai sumber berita dan sekarang digunakan 10% orang dewasa untuk tujuan tersebut, naik dari hanya 1% pada tahun 2020.

Penelitian, TikTok kini menjadi sumber berita paling popular di kalangan remaja foto: unsplash/solen feyissa

Terlepas dari kebangkitan TikTok, 45% anak berusia 12 hingga 15 tahun mengatakan bahwa mereka tidak tertarik dengan berita. Di mana hampir setengahnya mengatakan mereka menganggapnya terlalu membosankan. Sebanyak 16% mengatakan bahwa mereka menganggapnya terlalu menjengkelkan.

Penelitian Ofcom, yang mencakup wawancara dengan lebih dari 1.000 anak muda, juga menemukan bahwa 23% dari mereka yang berusia 12 hingga 15 tahun paling tertarik dengan berita yang berkaitan dengan olahraga atau tokoh olahraga.

Sebanyak 15% lainnya mengatakan bahwa mereka tertarik untuk mencari tahu tentang berita musik atau penyanyi. Sementara 11% mengatakan mereka ingin mengetahui berita terbaru tentang selebriti atau orang terkenal.

Laporan tersebut juga menyebutkan platform media sosial merupakan salah satu sumber berita utama bagi anak muda berusia 16 hingga 24 tahun. Instagram adalah sumber berita tunggal yang paling popular, dengan 44% dari kelompok usia tersebut menggunakannya untuk tujuan yang sama. Sementara 29% mengatakan bahwa mereka menggunakan TikTok untuk mengetahui berita terkini.

(brl/red)