TikTok tidak berfungsi? Jangan panik, cari tahu penyebabnya dan ini 6 cara yang harus dilakukan

TikTok tidak berfungsi? Jangan panik, cari tahu penyebabnya dan ini 6 cara yang harus dilakukan

Techno.id - Dalam beberapa tahun terakhir, jutaan influencer yang umumnya anak muda menambahkan banyak video kreatif dan menghibur melalui platform TikTok. Nggak heran jika TikTok menjadi salah satu media sosial populer di mana pengguna dapat membuat dan berbagi video pendek.

Namun, ada kalanya TikTok tidak berfungsi dengan baik. Tentu saja hal ini bisa membuat pengguna frustrasi. Tapi jangan panik, kamu harus mencaro tahu penyebab masalah tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa TikTok tidak bisa digunakan. Misalnya soal koneksi internet. Jika koneksi internet bermasalah, TikTok mungkin tidak dapat memuat video atau konten lainnya.

Bisa juga disebabkan masalah aplikasi. Terkadang, mungkin ada masalah dengan aplikasi TikTok itu sendiri. Hal ini dapat terjadi jika aplikasi tidak diperbarui atau ada bug dalam kode.

Masalah lain yang juga bisa menjadi penyebab adalah perangkat. Jika perangkat pengguna tidak kompatibel dengan TikTok atau jika ada masalah dengan pengaturan perangkat, TikTok mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Cara memperbaiki masalah TikTok yang tidak berfungsi

1. Periksa koneksi internet

TikTok tidak berfungsi? Jangan panik, cari tahu penyebabnya dan ini 6 cara yang harus dilakukan foto: unsplash/jonathan kemper

Ini adalah langkah yang paling mendasar, tetapi sering diabaikan. Pastikan kamu terhubung ke sinyal Wi-Fi yang kuat atau data selular diaktifkan. Kamu dapat mencoba memulai ulang router atau modem jika mengalami masalah dengan koneksi internet.

2. Mulai ulang aplikasi TikTok

Hal ini sering kali dapat memperbaiki masalah kecil pada aplikasi. Untuk melakukannya, cukup tutup aplikasi dan buka kembali. Jika kamu menggunakan iPhone, dapat memulai ulang ponsel secara paksa dengan menekan dan menahan tombol daya dan tombol beranda secara bersamaan selama sekitar 10 detik.

3. Mulai ulang perangkat

Hal ini terkadang dapat memperbaiki masalah pada pengaturan perangkat. Untuk melakukannya, cukup matikan perangkat kamu lalu hidupkan kembali.

(brl/red)