Nggak mau kalah dengan ChatGPT dan Bing Chat, DuckDuckGo luncurkan mesin pencari berbasis AI

Nggak mau kalah dengan ChatGPT dan Bing Chat, DuckDuckGo luncurkan mesin pencari berbasis AI

Techno.id - Kecerdasan Artifisial (AI) berkembang dengan cepat dalam beberapa tahun terakhir. AI mampu dikembangkan dan juga diimplementasikan dalam berbagai hal. Chat bot menjadi salah satu implementasi AI yang sangat popular saat ini. Beberapa perusahaan teknologi juga sedang berlomba mengembangkan fitur AI mereka. Sebut saja Microsoft dengan Bing AI, Open AI dengan ChatGPT, dan lain sebagainya.

Seakan tidak mau kalah dari perusahaan-perusahaan tersebut, DuckDuckGo, memperkenalkan fitur kecerdasan artifisial mereka yang bernama DuckAssist. DuckDuckGo yang dikenal sebagai mesin pencari mengedepankan privasi penggunanya tersebut mengumumkan fitur ini pada 8 Maret 2023.

DuckAssist memiliki perbedaan dengan ChatGPT ataupun Bing AI. Menurut DuckDuckGo, DuckAssist merupakan sebuah tambahan pada fitur instant answer di DuckDuckGo. DuckAssist dikembangkan untuk terintregasi penuh dengan DuckDuckGo. DuckAssist juga dirancang semirip mungkin dengan DuckDuckGo. Lantas bagaimana DuckAssist bekerja?

DuckAssist bekerja dengan melacak kumpulan sumber tertentu menggunakan sistem active indexing DuckDuckGo. Sumber yang digunakan DuckAssist umumnya adalah wikipedia atau situs yang berkaitan seperti Britannica. Hasil yang didapatkan kemudian diproses menggunakan natural language technology dari Open AI dan Antrophy. Karena menggunakan teknologi tersebut, jawaban yang ditampilkan menjadi lebih responsif terhadap pertanyaan yang ditanyakan jika dibandingkan dengan hasil pencarian standar DuckDuckGo. Hasilnya, jawaban lebih mirip sebuah percakapan alih-alih sebuah hasil pencarian.

Magang : Nabiel Mumtaz Zaydane Firdaus

(brl/red)