Cara mendapatkan transkripsi teks dari video YouTube, kolaborasi Microsoft Edge dan ChatGPT

Cara mendapatkan transkripsi teks dari video YouTube, kolaborasi Microsoft Edge dan ChatGPT

Techno.id - Sejak muncul teknologi kecerdasan buatan bernama ChatGPT, beragam pekerjaan di dunia digital semakin dipermudah utamanya yang berbasis tulisan. Fungsi primer ChatGPT adalah text generator, ChatGPT dapat memahami percakapan, membuat teks-teks kreatif, menganalisis teks, menerjemahkan dan masih banyak lagi. Banyak yang menganggap bahwa kehadiran ChatGPT dapat menjadi ancaman terhadap berbagai pekerjaan manusia yang berhubungan dengan teks.

Meskipun demikian, banyak juga hal-hal tak terduga yang bisa kita manfaatkan dari ChatGPT. Contohnya seperti yang satu ini, Microsoft Edge telah mengkolaborasikan kemampuan ChatGPT dihampir semua layanan pencariannya. Microsoft Edge merupakan layanan peramban milik Microsoft yang namanya tidak sepopuler kompetitornya yaitu Google.

Salah satu layanan yang dapat kita dapatkan dari kolaborasi keduanya adalah mendapatkan teks transkripsi dari video YouTube. Ini dapat berguna ketika kita membutuhkan data tulisan yang diambil dari video YouTube, bisa juga digunakan apabila ingin mengetahui isi dari video YouTube tersebut namun tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menontonnya. Berikut ini techno.id sudah merangkum cara mendapatkan transkripsi teks dari video YouTube melalui Microsoft Edge dan Chat GPT pada Jumat (10/3).

Cara mendapatkan transkripsi teks dari video YouTube, kolaborasi Microsoft Edge dan ChatGPT (Foto: Microsoft Edge/openAI.com)

Cara yang dilakukan sangat mudah, pertama-tama buka browser Microsoft Edge yang tersedia di windows 10, kemudian ketik microsoftedgeinsider.com.

Setelah itu download terlebih dahulu Microsoft Edge Dev Channel lalu install. Selanjutnya buka YouTube di Dev browser yang sudah terinstal, kemudian arahkan kursor ke thumbnail video YouTube. Jika terdapat simbol ChatGPT di bagian atas, klik simbol tersebut.

Setelah di klik, situs ChatGPT akan otomatis terbuka dan langsung mentranskrip video YouTube yang dipilih menjadi teks. Menariknya, di akhir proses transkripsi, ChatGPT juga akan membuat resume atau kesimpulan tentang video tersebut. Bisa langsung dipraktekkan di PC masing-masing biar gak penasaran lagi.

Magang : Millenia Ramadita

(brl/red)