Google akhirnya resmi mengumumkan Pixel Fold akan diluncurkan 10 Mei 2023

Google akhirnya resmi mengumumkan Pixel Fold akan diluncurkan 10 Mei 2023

Techno.id - Waktu peluncuran smartphone lipat pertama Google Pixel Fold akhirnya secara resmi diumumkan. Google akan meluncurkan Pixel Fold pada 10 Mei 2023 bertepatan pada acara Google I/O.

Nah tampaknya, acara Google I/O 2023 akan lebih banyak membahas tentang ponsel Pixel, khususnya dua ponsel yakni Google Pixel Fold dan Google Pixel 7A yang selama ini ramai diperbincangkan karena sudah muncul beberapa bocoran mengenai kedua ponsel tersebut.

Namun kini bukan lagi sekadar isu, Google pun sudah memposting teaser resmi pertama dari smartphone lipat tersebut.

Pixel Fold merupakan ponsel lipat pertama Google dan yang pertama di luar Samsung yang masuk ke pasar Amerika Serikat (AS). Karena itu momen ini adalah peluncuran penting bagi Google karena raksasa teknologi ini mengincar pasar ponsel lipat, yang saat ini dimonopoli Samsung, setidaknya di pasar AS.

Beberapa ponsel lipat termasuk Oppo Find N2, Oppo Find N2 Flip, Xiaomi Mix Fold, Honor Magic Vs, Vivo X Fold 2, dan Vivo X Flip dan lain sebagainya telah diluncurkan di pasar Eropa, Global dan China, tetapi belum diluncurkan di pasar AS. Ini akan menjadi pertama kalinya pelanggan AS memiliki pilihan smartphone yang dapat dilipat.

Inilah alasan yang membuat ponsel ini menarik. Hal lain yang membuat banyak orang menantikan peluncuran ini adalah bagaimana Google memberi harga pada perangkatnya. Banyak juga yang membandingkan harga Pixel 7 dan Galaxy S22 di mana Google selalu memangkas harga Samsung. Boleh jadi Pixel Fold menjadi ponsel lipat yang harganya tidak sampai dua kali lipat dari harga flagship normal seperti Galaxy S23 atau iPhone 14.

Lantas apa yang ditawarkan Google Pixel Fold?

Google akhirnya resmi mengumumkan Pixel Fold akan diluncurkan 10 Mei 2023 foto: mobilesyrup.com

Seperti teaser di atas, Google Pixel Fold terlihat seperti yang sudah dibicarakan pada beberapa bocoran ponsel ini beberapa bulan sebelumnya. Nah teaser resmi tersebut seakan mengonfirmasi semua bocoran tersebut.

Google Pixel Fold mengikuti prinsip-prinsip desain ponsel Pixel yang sudah ada. Di mana ada konfigurasi letak kamera persegi panjang yang sudah dikenal, yang menjadi tempat pengaturan tiga kamera Pixel Fold. Ponsel ini menggunakan layar luar yang lebih lebar seperti Oppo Find N2, tidak seperti Samsung Galaxy Z Fold 4 yang memiliki layar luar lebih tinggi.

Pada bocoran sebelumnya menunjukkan bahwa ponsel ini memiliki layar bagian dalam berukuran 7,67 inci dan layar bagian luar berukuran 5,79 inci. Layar bagian dalam akan memiliki resolusi 2.208 x 1.840 piksel, sedangkan layar bagian luar akan memiliki resolusi 2092 x 1.080 piksel. Selain itu, Pixel Fold kabarnya akan menggunakan engsel berbentuk tetesan air mata, menghasilkan lipatan yang lebih baik dan kemampuan untuk menutup ponsel tanpa meninggalkan celah.

Masuk ke bagian dalam, Google Tensor G2 SoC akan memberi daya pada ponsel ini, dan banyak pengguna mengharapkan Google membekali Pixel Fold dengan RAM hingga 12 GB dan penyimpanan internal hingga 512 GB. Bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa ponsel ini akan hadir dengan kamera utama Sony IMX787, kamera telefoto dengan sensor Samsung ISOCELL S5K3J1 dan sensor Sony IMX386 untuk ultrawide.

Lantas bagaimana dengan harga? Banyak kalangan memperkirakan ponsel ini akan dibanderol dengan harga sekitar USD1300 (sekitar Rp 19 jutaan) hingga USD1500 (sekitar Rp 22 jutaan), sesuai dengan bocoran sebelumnya. Jika benar dipatok pada rentang harga tersebut, maka sangat mungkin Pixel Fold bisa mendobrak kalau tidak bisa dibiloang mengganggu pasar ponsel lipat yang sudah ada selama ini.

(brl/red)