Smartphone flagship Google berikutnya bakal menggunakan sensor kamera terbesar Samsung

Smartphone flagship Google berikutnya bakal menggunakan sensor kamera terbesar Samsung

Techno.id - Di tengah kabar Google akan meluncurkan smartphone lipat Pixel Fold dalam waktu dekat, desas-desus mengenai raksasa teknologi ini bakal memperkenalkan Pixel Pro 8 Pro justru semakin santer terdengar.

Salah satu isu yang kini sedang diperbincangkan adalah mengenai sensor kamera yang akan digunakan pada Pixel 8 Pro. Berkaca pada smartphone sebelumnya, Google telah menggunakan sensor kamera, panel layar, modem, dan komponen elektronik lain dari Samsung sejak peluncuran seri Pixel 6.

Nah metode ini tampaknya akan terus berlanjut dengan smartphone seri Pixel generasi berikutnya. Bahkan, Google kabarnya akan meningkatkan pada sensor kamera terbesar Samsung.

Menurut tipster Ice Universe, Google akan melengkapi smartphone Pixel 8 Pro dengan sensor kamera ISOCELL GN2. Ini adalah sensor kamera terbesar Samsung yang pernah ada dan diluncurkan dua tahun lalu. ISOCELL GN2 adalah sensor kamera berukuran 1/1.12 inci dengan resolusi 50MP. Hampir semua merek smartphone kecuali Samsung menggunakan sensor kamera 1 inci pada smartphone andalan mereka.

Smartphone flagship Google berikutnya bakal menggunakan sensor kamera terbesar Samsung foto: youtube/@zoneoftech

Malah kabarnya Pixel 8 Pro akan menggunakan sensor kamera yang lebih besar dari Galaxy S23 Ultra. Pilihan ISOCELL GN2 cukup beralasan karena sensor ini memiliki piksel 1,4m, dan dengan proses binning piksel 4-in-1, ukuran pikselnya menjadi 2,8m.

Sebagai perbandingan, sensor kamera ISOCELL HP2 200MP yang digunakan pada Galaxy S23 Ultra memiliki fitur 2,4m piksel setelah proses binning piksel tersebut menjadi 16-in-1. Jadi, ISOCELL GN2 secara teoritis memiliki kinerja yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. ISOCELL GN2 juga dapat menghasilkan gambar 100MP menggunakan algoritma remosaic.

Sensor kamera terbesar Samsung ini juga dapat merekam video 8K pada 30fps, video 4K pada 120fps, dan video Full HD pada 480fps. ISOCELL GN2 juga memiliki fitur autofokus Dual Pixel Pro untuk pemfokusan yang cepat, andal, dan akurat. Kamera ini juga memiliki fitur Staggered HDR, yang 24% lebih hemat daya daripada HDR biasa dan dapat mempertahankan detail dalam sorotan dan bayangan.

(brl/red)