Google Pixel 7 Series resmi rilis, dibekali chip baru dan Android 13

Google Pixel 7 Series resmi rilis, dibekali chip baru dan Android 13

Techno.id - Google akhirnya meluncurkan smartphone terbarunya Pixel 7 Series ke pasaran. Mereka mengeluarkan dua seri yaitu Pixel 7 dan Pixel 7 Pro pada event MadeByGoogle Kamis (6/10). Kedua ponsel tersebut dinobatkan sebagai penerus seri Pixel 6 yang hadir pada tahun lalu.

Google membeberkan beberapa peningkatan pada Pixel 7 Series. Mereka secara resmi mengumumkan penggunaan chipset baru pada Pixel 7 dan Pixel 7 Pro yaitu Tensor G2. Tidak hanya itu, dengan Google Pixel 7 Series ini menandakan sistem Android 13 sudah bisa dipergunakan.

Chip Tensor G2 yang dipasang pada Pixel 7 Series memiliki konstruksi 4nm, membuatnya lebih efisien ketika digunakan. Kemudian chip tersebut dapat melakukan pemrosesan AI dan Machine Learning lebih cepat hingga 60% daripada chip edisi sebelumnya. SoC anyar dari Google tersebut juga menunjang berbagai fitur unik untuk kamera, seperti Photo Unblur.

Pixel 7 Series membawa desain yang berbeda daripada seri sebelumnya. Terdapat perbedaan pada bagian modul kamera dengan sisi-sisi lebih membulat dan warna lebih sesuai dengan body. Bentuknya yang memanjang dan warna lebih matching, maka pengguna dan orang lain bisa melihat bentuk kamera khas Google Pixel.

Google Pixel 7 Series sudah mendapatkan sistem operasi berbasis Android 13. Dengan OS tersebut, pengguna akan memiliki privasi lebih tinggi daripada seri sebelumnya. Lalu bagaimana dengan spesifikasi dari kedua perangkat tersebut? Kali ini techno.id telah merangkum spesifikasi lengkap dari Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro yang dihimpun dari berbagai sumber pada Senin (10/10).

Google Pixel 7 Pro

Google Pixel 7 Series resmi rilis, dibekali chip baru dan Android 13

foto: store.google.com

Seri Pixel 7 Pro menjadi smartphone tertinggi saat ini. Ponsel tersebut memiliki ukuran body 162.9 x 76.6 x 8.9 mm dengan bobot 212 gram. Body sudah dibekali dengan pelindung dari Gorilla Glass Victus baik untuk bagian depan dan belakang. Ponsel anyar tersebut mengantongi sertifikasi ketahanan IP68 untuk ketahanan debu dan air.

Pada bagian layar, Google memberikan tipe panel kelas premium LTPO AMOLED berukuran 6.7. Screen tersebut dapat menampilkan resolusi 1440 X 3120 pixel dengan rasio 19.5:9 kerapatan 512 ppi density. Layar juga mampu mencapai refresh rate hingga 120 Hz, dan kecerahaan hingga 1.500 nits. Panel layar juga mendukung untuk fitur pemindai sidik jari di bawah layar.

Pada sektor kamera, Google membekali Pixel 7 Pro dengan lensa utama resolusi 50 MP bukaan (f/1.9)sensor PDAF, OIS. Kemudian terdapat kamera ultrawide dengan resolusi 12 MP (f/2.2). Terakhir untuk kamera belakang terdapat lensa telephoto resolusi 48 MP (f/3.5). Adapun untuk kamera selfie dibekali lensa wide 10.8 MP (f/2.2).

Pixel 7 Pro ditawarkan dengan varian warna Obsidian, Snow, dan Hazel. Kemudian perangkat didukung dengan sensor Ultra Wideband, NFC, dan stereo speaker. Kapasitas baterai yang digunakan ponsel ini sebesar 5.000 mAh, dan oleh Google diberikan fast charging 30 Watt. Sedangkan untuk harga Pixel 7 Pro 12GB/128GB dibanderol US$ 900 atau setara Rp 13,7 juta.

Google Pixel 7

Google Pixel 7 Series resmi rilis, dibekali chip baru dan Android 13

foto: store.google.com

Berbeda dengan seri Pro, Pixel 7 hanya memiliki ukuran body lebih kecil sebesar 155.6 x 73.2 x 8.7 mm bobot 197 gram. Walaupun terdapat perbedaan pada ukuran, Pixel 7 oleh Google tetap dibekali dengan pelindung dari Corning Gorilla Glass. Perangkat mampu bertahan terhadap air pada kedalaman 1.5 meter dalam waktu 30 menit.

Kemudian pada bagian layar, Google memberikan tipe panel berbeda. Pixel 7 dibekali panel layar AMOLED dengan ukuran 6.3 inci. Layar mampu memberikan grafis resolusi Full HD 1080 x 2400 pixel rasio 20:9 kerapatan 416 ppi density. Kemudian layar hanya mampu mencapai refresh rate hingga 90 Hz saja. Tentunya layar tersebut sudah mendukung fitur Always-on Display.

Google juga memberikan sistem kamera berbeda. Pada seri Pixel 7 hanya menggunakan dual kamera saja. Untuk kamera utama menggunakan lensa wide 50 MP (f/1.9) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). Adapun untuk kamera selfie menggunakan 10.8 MP lensa wide. Baik kamera belakang maupun depan dapat memberikan kualitas rekam layar 4K di kecepatan 30 fps.

Pixel 7 hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 4355 mAh. Baterai dapat diisi melalui port USB-C 3.2 dengan fast charging sebesar 30 Watt. Adapun fitur lain dari smartphone ini meliputi NFC, fingerprint under display, dan beberapa sensori lain seperti accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer.

Google memberikan varian warna Obsidian, Lemongrass, Snow untuk Pixel 7. Google membanderol Pixel 7 dengan harga US$ 600 atau setara Rp 9.1 juta.

(brl/guf)