Mengulik 18 kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Discord

Mengulik 18 kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Discord

18 Kelebihan dan kekurangan Discord

Kekurangan Discord

Mengulik 18 kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi Discord foto: freepik/inkdrop

1. Masalah privasi dan keamanan

Sifat terbuka Discord dan basis pengguna yang besar dapat menyebabkan masalah privasi dan keamanan. Server publik dapat mengekspos pengguna ke konten yang berpotensi berbahaya, dan perundungan di dunia maya dapat menjadi masalah, terutama di komunitas besar di mana moderasi mungkin menjadi tantangan.

2. Boros sumber daya baterai

Fitur kaya Discord, terutama obrolan suara dan video, dapat menghabiskan banyak sumber daya di perangkat, terutama selama percakapan berkualitas tinggi. Hal ini dapat menyebabkan masalah kinerja pada perangkat yang lebih lama atau kurang bertenaga.

3. Bersifat adiktif

Sifat menarik Discord dan rasa kebersamaan yang dipupuk dapat menyebabkan kecanduan dan penggunaan waktu layar yang berlebihan bagi sebagian pengguna. Penggunaan jangka panjang dapat mengganggu rutinitas sehari-hari, pekerjaan, atau studi jika tidak dikelola secara bertanggung jawab.

4. Berpotensi komunitas toxic

Meskipun daya tarik Discord ke komunitas yang beragam merupakan kekuatan, hal itu juga dapat mengarah pada penciptaan lingkungan yang toxic atau tidak bersahabat. Dalam beberapa kasus, komunitas tertentu dapat mendorong perilaku berbahaya atau diskusi yang tidak kondusif untuk pengalaman pengguna yang positif.

5. Kurangnya dukungan terpusat

Sifat desentralisasi Discord dapat menyulitkan menerima dukungan terpusat untuk masalah di seluruh platform. Hal ini dapat menyebabkan tanggapan yang tertunda atau kesulitan dalam mendapatkan bantuan untuk masalah tertentu.

6. Gangguan selama bermain game

Meskipun Discord popular di kalangan gamer, Discord juga dapat mengganggu selama bermain game, terutama jika pengguna terlibat dalam obrolan suara atau teks sambil mencoba fokus pada aksi dalam game.

7. Potensi penyebaran informasi yang salah

Saluran komunikasi terbuka Discord dapat memfasilitasi penyebaran informasi yang salah atau hoaks, terutama di komunitas besar dengan moderasi terbatas.

8. Akses offline terbatas

Fungsionalitas utama Discord bergantung pada koneksi internet, membatasi kegunaannya dalam situasi dengan konektivitas yang buruk atau selama periode offline.

9. Pemberitahuan yang mengganggu

Pemberitahuan yang sering dari beberapa server atau saluran dapat mengganggu dan membebani pengguna, termasuk mengganggu aktivitas sehari-hari mereka.

(brl/red)