Mengenal enkripsi WhatsApp, fungsi dan cara kerjanya

Mengenal enkripsi WhatsApp, fungsi dan cara kerjanya

Fungsi dan cara kerja enkripsi WhatsApp

Cara kerja enkripsi end-to-end

Mengenal enkripsi WhatsApp, fungsi dan cara kerjanya foto: freepik.com/rawpixel.com

Seandainya terdapat dua pengguna WhatsApp yang menggunakan dua perangkat yang berbeda. Sebut saja dua pengguna itu sebagai pengguna A dan pengguna B. Pengguna A mengirim pesan WhatsApp kepada pengguna B.

Pesan tersebut akan dibungkus dengan kode sandi yang kode sandinya hanya dapat dibuka perangkat pengguna B. Sehingga pesan tersebut hanya akan sampai pada pengguna B saja karena titik akhirnya (end point) hanya ada di pengguna B. Hal yang sama juga terjadi jika pengguna B membalas pesan tersebut.

Mengenal enkripsi WhatsApp, fungsi dan cara kerjanya foto: buku putih whatsApp

Sandi yang membungkus pesan-pesan yang ditransmisikan di WhatsApp pun berbeda-beda pada setiap pesannya. Hal tersebut semakin mempersempit kemungkinan pesan WhatsApp sampai pada pihak ketiga. Cara kerja di atas juga berlaku pada pengiriman pesan di grup dan status WhatsApp.

Walaupun kelihatannya pesan dan status tersebut tidak dienkripsi serapat pesan pribadi karena dapat dilihat oleh lebih dari satu orang, namun pada kenyataannya enkripsi end-to-end juga tetap membungkus satu-persatu pesan untuk sampai ke pengguna-pengguna tersebut.

(brl/red)